rpp teks ulasan kurikulum


H. Penilaian

Teknik penilaian

a.       Sikap

-          Observasi (jurnal)

b.      Pengetahuan

-          Tes tertulis

c.       Keterampilan

-          Produk
LAMPIRAN MATERI
Pengertian Teks Ulasan
Teks Ulasan adalah teks yang berisi ulasan/penilaian/review terhadap suatu karya (film atau drama). Disaat mengulas sebuah film dan drama kita harus bersikap kritis agar berkontribusi untuk kemajuan drama dan film ke depannya.
Adapun tujuan teks ulasan untuk menunjukan sudut pandang atau keberpihakan penulis terhadap suatu hal atau atau karya sementara.

Ciri-ciri Teks Ulasan

Yang membedakan teks ulasan dengan teks cerita sejarah maupun teks lain adalah di dalamnya mempunyai ciri-ciri:
  1. Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman.
  2. Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya atau produk .
  3. Opininya berdasarkan fakta yang di-interpretasi-kan.
  4. Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.

Struktur Teks Ulasan

Ada 4 hal yang menyusun sebuah teks ulasan sehingga teks tersebut menjadi utuh. Berikut ini struktur teks ulasan:
1. Orientasi
Berisi pengenalan tentang gambaran umum mengenai sebuah karya (drama dan film) yang akan di review atau ulas. Sehingga membuat pembaca mengetahui mengenai apa yang akan di-ulas.
2. Tafsiran
Berisi gambaran detail mengenai sebuah karya (film dan drama) yang di-ulas, contohnya: kualitas,keunikan, keunggulan, bagian karya, dan lainnya.
3. Evaluasi
Berisi pandangan dari pengulas terhadap hasil karya yang di-ulas. Dilakukan setelah melakukan tafsiran, sehingga pengulas bisa memberi bagian yang mempunyai nilai dan bagian yang kurang.
4. Rangkuman
Berisi kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya (drama dan film). Pengulas biasanya memberikan komentar apakah film atau drama yang baru saja di-ulas berkualitas atau tidak.
Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan
Berikut ini kaidah kebahasaan yang terkandung dalam teks ulasan:
  1. Teks ulasan drama/film berisi penonjolan terhadap unsur-unsur karya seni yang hendak di-ulas.
  2. Menggunakan kata-kata opini atau persuasif
  3. Menggunakan konjungsi internal dan konjungsi eksternal
  4. Menggunakan ungkapan perbandingan (persamaan/perbedaan)
  5. Menggunakan kata kerja material dan kata kerja relasional
Instrumen Penilaian
-          Instrumen penilaian sikap

JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP


Nama Sekolah      : SMP

Kelas/Semester     : VIII/Semester 2

Tahun pelajaran    : 2017/ 2018

No
Waktu
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3








-           Instrumen Penilaian Pengetahuan

KISI-KISI TES TERTULIS


NO
LEVEL KOGNITIF
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL
NO SOAL

Pengetahuan



















Teks Ulasan
1.1.1     Menentukan ciri objek teks ulasan yang dibaca/didengar.


1.1.2     Menentukan ciri tujuan teks ulasan dibaca/didengar.

1.1.3        Menentukan ciri aspek kebahasaan teks ulasan yang dibaca/didengar.
1.      Menentukan 4 ciri  objek teks ulasan dari novel.

2.      Menentukan 4 ciri tujuan teks ulasan novel.

3.      Menentukan 4 kata umum dan kata khusus dari teks ulasan novel

4.      Menentukan 4 kata sifat sikap dari teks ulasan

5.      Menemukan jenis kalimat majemuk dalam teks ulasan
1



2



3




4



5


-           Instrumen Soal

Tes tertulis

Bacalah teks ulasan berikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!

Laskar pelangi
        Keterbatasan yang ada tidak memuat anggota Laskar Pelangi putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.Cerita terjadi di desa Gantung, Belitung Timur yang dimulai ketika SD Muhammadiyyah teramcam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jika tidak melebihi 10 anak. Saat penutupan sekolah karena jumlahnya hanya 9, Harun dan Ibunya datang dan mendaftarkan diri ke sekolah itu.
       Dari sanalah cerita dimulai. Mereka, Laskar Pelangi, nama yang diberikan Bu Muslimah akan kesenangan mereka terhadap pelangi sempat mengharumkan nama sekolah dengan berbagai cara. Novel ini sangat bermanfaat bagi para remaja. Kelebihan novel ini antar lain, berisi motivasi dan amanat-amanat yang dapat diambil dari kisah tersebut. Naskah Laskar Pelangi telah diadaptasi menjadi sebuah film berjudul sama dengan novelnya.
        Anggota Laskar Pelangi mempunyai karakter dan bakat yang berbeda-beda. Ikal adalh tokoh “ aku “ dalam cerita ini. Lintang, teman sebangku Ikal, adalah anak yang luar biasa jenius. Sahara adalah satu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi yang memiliki sikap keras kepala dan berpendirian kuat yang sangat patuh kepada agama. Mahar, pria tampan bertubuh kurus ini, memiliki bakat dan minat besar pada seni. A Kiong adalah keturunan Tionghoa dan pengikut sejati Mahar sejak kelas satu. Syahdan adalah anak nelayan yang dalam cerita ini tak pernah menonjol. Kucai adalah ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi. Borek adalah pia besar maniak otot. Harun adalah pria yang memiliki keterbelakangan mental. Tokoh lain dalam novel ini adalah Bu Muslimah, Ibunda Guru bagi Laskar Pelangi. Pak Harfan, kepala sekolah dari sekolah Muhammadiyyah. Flo, adalah seorang anak tomboi yang berasal dari keluarga kaya. A Ling adalah cinta pertama Ikal yang merupakan sepupu A Kiong.
         Novel Laskar Pelangi yang ditulis Andrea Hirata, tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga di luar Indonesia, hingga ke Amerika Serikat dan mendapatkan penghargaan penerbit para pemenang nobel sastra.
         Nah sekian artikel dari saya mengenai teks ulasan film laskar pelangi, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini kepada sobat yang lainnya. Saya ucapkan terima kasih untuk sobat semua yang sudah berpartisipasi untuk membuat informasibelajar.com ini menjadi salah satu blog edukasi yang membantu lebih dari 10.000 ribu siswa diseluruh Indonesia. Karena bantuan sobat semua, membuat blog sederhana ini menjadi salah satu yang terbaik dan akan terus berlanjut.


1.      Tulislah 4 ciri objek yang terdapat dalam teks ulasan  tersebut!

2.      Tulislah 4 tujuan yang menggambarkan  ciri dari teks ulasan tersebut!

3.      Tulislah 4 kata umum dan kata khusus dalam teks ulasan tersebut!

4.      Tulislah 4 kata sifat  sikap dari teks ulasan tersebut!

5.       Carilah kalimat majemuk yang terdapat pada teks ulasan “laskar pelangi”!


RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN

No Soal
Uraian
Skor
1.
a.         Menuliskan 4 ciri objek yang terdapat dalam teks ulasan  tersebut!

b.        Menuliskan 3 objek yang terdapat dalam teks ulasan berjudul “laskar pelangi” dengan benar.

c.         Menuliskan 2 objek yang terdapat dalam teks ulasan berjudul “laskar pelangi” dengan benar.

d.        Menuliskan 1 objek yang terdapat dalam teks ulasan  berjudul “laskar pelangi” dengan benar.
4


3


2


1

JUMLAH SKOR
4
2.
a.         Menuliskan 4 tujuan yang menggambarkan objek dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
b.        Menuliskan 3 tujuan yang menggambarkan objek dalam  teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
c.         Menuliskan 2 tujuan yang menggambarkan objek dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
d.        Menuliskan 1 tujuan yang menggambarkan objek  dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
4


3


2


1

JUMLAH SKOR
4
3.
a.         Menuliskan 4 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
b.        Menuliskan 3 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
c.         Menuliskan 2 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
d.        Menuliskan 1 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
4


3


2


1

JUMLAH SKOR
4
4.
e.         Menuliskan 4 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
4

f.         Menuliskan 3 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
g.         Menuliskan 2 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
h.        Menuliskan 1 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.

3


2


1

JUMLAH SKOR
4
5.
a.       Menuliskan jenis teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
4

JUMLAH SKOR TOTAL
20


Pedoman Penilaian:

Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

(LKPD 1)


Nama Peserta didik/Kelompok    :      ................................................................

Kelas/Kelompok                       :      ................................................................



Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!

Marmut Merah Jambu

Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi oleh Raditya DikaFrandaKamga MoTio PakusadewoDewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
          Marmut Merah Jambu ini berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus di masa lalunya yang belum selesai hingga dia dewasa. Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana?
           Kelebihan film ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami dan alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya memiliki warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik.
           Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap memberikan hal yang bagus dan menarik.

1.      Daftarlah hal yang diulas dari teks ulasan “Marmut Merah Jambu” tersebut!

NO
OBJEK/ HAL YANG DIULAS
1.
Menceritakan kehidupan tokoh pada teks tersebut
2.

3.

4.



2.      Daftarlah tujuan yang akan dicapai dari teks ulasan tersebut!
NO
TUJUAN
1.
 Kelebihan novel
2.

3.

4.



3.      Carilah kata khusus pada teks deskripsi yang dicontohkan di atas dengan mengisi tabel berikut!

NO
KATA UMUM
KATA KHUSUS
1.
Baik
Ramah
2.


3.



-          Instrumen Penilaian Keterampilan

KISI-KISI TES KETERAMPILAN

NO
LEVEL
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
PETUNJUK KERJA
NO SOAL

Ketermapilan
Teks Ulasan
a.       Menuliskan kata-kata kunci berdasarkan objek yang diamati
b.      Mendaftar kata-kata kunci sebagai bahan penulisan  teks ulasan
c.       Membuat peta konsep teks ulasan dari kata-kata kunci.
Susunlah teks ulasan berdasarkan kata-kata kunci dari teks ulasan novel “Marmut Merah Jambu”






RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN

ASPEK
SKOR
4
3
2
1
Kelengkapan struktur (judul, identitas, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi, dan rekomendasi)
-
Tiga unsur struktur terpenuhi
Tiga unsur struktur terpenuhi
Hanya satu unsur terpenuhi
Ketepatan isi pada setiap struktur
Semua gambaran umum objek, gambaran rincian objek pada setiap bagian struktur teks tepat.
Terdapat satu bagian gambaran umum dan  rincian objeknya tidak tepat.
Terdapat dua bagian struktur yang gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
Semua bagian struktur yang gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
Ketepatan penggunaan bahasa
Penggunaan kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat
Terdapat satu penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Terdapat dua penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Terdapat tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Kreativitas penggunaan bahasa
Terdapat empat atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Pedoman Penilaian

Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek


-          Instrumen Soal

Tes tertulis

1.      Bacalah teks ulasan berikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!

Marmut Merah Jambu

           Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi oleh Raditya DikaFrandaKamga MoTio PakusadewoDewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
      Marmut Merah Jambu ini berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
           Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus di masa lalunya yang belum selesai hingga dia dewasa. Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana?
             Kelebihan film ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami dan alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya memiliki warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik.
           Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap memberikan hal yang bagus dan menarik.

2.      Tentukan bagian  struktur teks  ulasan tesebut!

3.      Tentukan ciri kebahasaan teks ulasan tersebut!


RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN

NO SOAL
URAIAN
SKOR
1.
a.       Menentukan struktur dalam teks ulasan  Marmut Merah Jambu dengan tepat.
b.      Menentukan struktur dalam teks ulasan  Marmut Merah Jambu dengan tepat.
c.       Menentukan struktur dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.
3

2


1
2.
a.       Menuliskan 4 ciri kebahasaan dalam teks ulasan  Marmut Merah Jambu dengan tepat.

b.      Menuliskan 3 ciri kebahasaan dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.
c.       Menuliskan 2 ciri kebahasaan dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.

d.      Menuliskan 1 ciri kebahasaan dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.
4


3


2


1

Pedoman Penilaian

Skor = jumlah peroleh


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

(LKPD 2)
Nama Peserta didik/Kelomok    :      ................................................................
Kelas/Kelompok                       :      ................................................................

Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!
Marmut Merah Jambu

           Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi oleh Raditya DikaFrandaKamga MoTio PakusadewoDewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
      Marmut Merah Jambu ini berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
           Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus di masa lalunya yang belum selesai hingga dia dewasa. Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana?
             Kelebihan film ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami dan alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya memiliki warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik.
           Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap memberikan hal yang bagus dan menarik.

       
Struktur teks ulasan di atas!

NO
STRUKTUR
TEKS
1.


2.


3.


4.       




1.      Ciri Kebahasaan teks ulasan!

NO
STRUKTUR
KATA/KALIMAT
1.
Kata benda dan kata yang mengikuti kata benda (yang menjelaskan)

2.
Kalimat yang seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan dirasakan.

3.
Kata Berimbuhan pada Teks ulasan

4.
Menggunakan  kata bersinonim

-           Instrumen Penilaian Keterampilan

KISI-KISI TES KETERAMPILAN

NO
LEVEL
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
PETUNJUK KERJA
NO SOAL

 Keterampilan
Teks ulasan
4.2.1      Membuat  kerangka teks sesuai dengan struktur  teks ulasan
1.      Buatlah  kerangka teks sesuai dengan struktur  teks ulasan

4.2.2       Menulis teks ulasan dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang teks ulasan novel
4.2.3        Mengomunikasikan  hasil novel yang telah diulas
2.      buatlah teks ulasan dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang teks ulasan novel




RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSORAN

ASPEK
SKOR
4
3
2
1
Kelengkapan struktur (judul, identitas, rientasi, sinopsis, analisis, evaluasi, dan rekomendasi)
-
Tiga unsur struktur terpenuhi
Tiga unsur struktur terpenuhi
Hanya satu unsur terpenuhi
Ketepatan isi pada setiap struktur
Semua gambaran umum objek, gambaran rincian objek pada setiap bagian struktur teks tepat.
Terdapat satu bagian gambaran umum dan  rincian objeknya tidak tepat.
Terdapat dua bagian struktur yang gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
Semua bagian struktur yang gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
Ketepatan penggunaan bahasa
Penggunaan kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat
Terdapat satu penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Terdapat dua penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Terdapat tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Kreativitas penggunaan bahasa
Terdapat empat atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi


Pedoman Penilaian

Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

(LKPD 3)



Nama Peserta didik/Kelomok    :      ................................................................

Kelas/Kelompok                       :      ................................................................


Membuat  kerangka teks sesuai dengan struktur  teks ulasan dan Menulis teks ulasan dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang novel yang telah dibaca.
NO.
HAL
HASIL
1.

Kerangka teks sesuai dengan struktur  teks ulasan

2.



Menulis teks ulasan dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang novel yang telah dibaca.






Mengetahui,
Kepala SMP ……………………………,




………………………………
NIP …………………………
………………….,    Januari 2019
Guru Mata Pelajaran,




………………………………..
NIP …………………………..














Teks Ulasan Novel
TekS 1
Teks Ulasan Novel Sang Pemimpi
Orientasi:
Sang Pemimpi adalah novel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Novel ini berkisah tentang kehidupannya di Pulau Belitong yang serba kesusahan. Ada 3 orang pemuda SMA yang bermimpi untuk menyambung sekolah sampai ke Prancis menjelajah Eropa sampai ke Afrika. Ikal, Arai, dan Jimbron adalah para pemimpi-pemimpi tersebut.
Tafsiran:
Pada bab pertama buku ini, Andrea menceritakan tentang dirinya (dalam novel ini digambarkan sebagai Ikal) dan 2 temannya, Arai dan Jimbron adalah tiga remaja yang nakal.
Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, tokoh antagonis dalam buku ini. Dia seorang Wakil Kepala SMA Bukan Main itu. Namun, berbeda dengan sang Kepala Sekolah yang bernama Pak Balia. Ia adalah cermin guru teladan. Pak Belialah yang telah memberikan mimpi-mimpi kepada murid-muridnya terutama kepada Ikal, Arai dan Jimbron.
Pada bab-bab berikutnya pembaca akan melihat potongan-potongan kisah seperti berdiri sendiri. Andrea hanya membuat cerpen-cerpen dalam satu buku. Meskipun demikian, pada setiap bab, mulai awal hingga akhir, buku ini memiliki hubungan yang sangat erat, seperti mozaik-mozaik dalam kehidupan.
Evaluasi:
Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan kesedihan.
Selain itu, buku ini memiliki lelucon-lelucon yang tidak biasa, cerdas, dan pasti akan membuat pembaca tertawa. Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui bahwa Andrea Hirata memiliki pribadi yang cerdas dalam mengolah kata-kata dan memiliki wawasan yang sangat luas.
Meskipun disebut sebagai buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi, di buku ini nyaris tidak ada hubungannya dengan buku Laskar Pelangi.
Sang Pemimpi hanya menyebutkan kata Laskar Pelangi hanya sekali. Keponakan yang Ikal biayai saat di Jawa juga tidak disebut sama sekali dalam buku ini, padahal di Novel sebelumnya telah diceritakan dengan jelas.
Rangkuman:
Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan tadi, novel ini benar-benar buku yang sangat dibutuhkan oleh remaja negeri ini. Buku ini memberi motivasi, semangat, dan mimpi pada anak-anak yang patah semangat supaya sekolah dan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, buku ini juga mengajarkan tentang ketidakmungkinan yang bisa diwujudkan dengan kerja keras.
Teks 2
Novel HUJAN karya Tere Liye
Orientasi
Hujan merupakan novel karya Tere Liye yang bercerita mengenai keinginan seorang tokoh utama yaitu Lail yang berniat menghapus memori mengenai seseorang. Lail kemudian meminta bantuan Elijah. Lail memikirkan alasan kenapa dirinya harus menghapus memori itu, dan dia pun menceritakan kepada Elijah.
Tafsiran
Laik (gadis 13 tahun) menjadi yatim piatu karena bencana alam gempa bumi dari gunung purba sehingga menyebabkan tsunami di belahan bumi lain. Disaat bencana tersebut, dia jadi bertemu dengan sosok lelaki bernama Esok yang menarik tas punggungnya sehingga dia tidak jadi tergelincir ke dalam lorong kereta bawah tanah.
Keduanya kemudian terjebak dalam kisah cinta selama pengungsian. Dimana keduanya selalu bersama, uniknya keduanya mempunyai cara yang “santun” dalam menjaga hati sehingga percintaan mereka terlihat tidak biasa.
Maryam, sahabat setia Lail, mereka bertemu setelah masa pengungsian dan mereka pindah ke panti. Hubungan kedua sahabat ini sangat akrab, Maryam mengetahui bahwa hubungan Esok dan Lail lebih dari sekedar cinta biasa. Karakter Lail yang introvert, membuatnya tidak marah ketika Maryam menggoda hubungan keduanya.
Diceritakan bahwa bencana alam yang terjadi itu hanyalah permulaan. Kemudian setelah itu terjadi musim dingin yang berkepanjangan. Daerah sub-tropis pun bisa turun salju dan hal itu membuat pemerintah meluncurkan sebuah pesawat ulang-alik dengan upaya mengembalikan iklim keadaan semula. Namun, ada efek jangka panjang yang harus diterima penduduk bumi.
Evaluasi
Novel hujan ini ditampilkan dengan bahasa yang bisa “menyihir” para pembaca sehingga memaksa pembaca merasakan rasa “tegar”ketika ditimpa beberapa masalah, melangkah maju ketika ada masalah berat, dan merasakan jatuh cinta.
Rindu bertemu pasangan dan berjumpa kembali setelah sekian lama tidak berjumpa serta cemburu. Seseorang yang sedang remaja atau sudah melewati masa itu mungkin akan tersenyum mengetahui tingkah Lail. Imajinasi akan dibuat terbang oleh novel ini.
Rangkuman
Novel hujan memang tidak biasa. Tema yang di ulas tidak seperti novel tema romantis kebanyakan. Bukan hanya membahas mengenai percintaan, tetapi juga terdapat beberapa hal ilmiah.
Novel yang menceritakan tentang kepastian yang tidak pasti dan kabar yang tidak pernah dikabarkan. Membuat sepasang insan yang sedang merasakan cinta menunggu untuk saling mengungkapkan cintanya.
Teks 3
Teks Ulasan Novel \Surat Untukmu Sahabat
Identitas Novel:
  • Judul novel: Surat untukmu Sahabat
  • Penulis: Bunga Riska Nizam
  • Penerbit: Aletta Pictures
  • Jenis buku: Fiksi
  • Tahun terbit: 2013 (cetakan ke-5)
  • Tempat terbit: Jakarta
  • Ukuran novel: 13 cm x 19 cm
  • Tebal halaman: 120 halaman
  • Harga buku: Rp. 40.000,00
Orientasi:
Novel ini merupakan karya Bunga R. Nizam yang bercerita mengenai surat terakhir untuk sahabat. Dia bernama Keke. Ketika itu, terakhir kalinya Andini, Fachda, Dinda, Ida, dan Maya merayakan ulang tahun Keke. Saat dia dinyatakan bebas dari kanker yang menggerogoti tubuhnya.
Berselang waktu, semuanya menjadi terasa baru. Setelah tiga tahun bersama di SMP Al-Kamal, alhasil tahun ini mereka ber-enam tidak lagi duduk di sekolah yang sama. Berpisah sekolah bukan berarti kami kehilangan arah dalam persahabatan yang telah kami bangun sejak SMP dulu.
Tafsiran:
Ketika itu, Keke tidak lagi mampu menahan kesedihannya ketika ia menyaksikan rambutnya memenuhi genggaman tangan. Hal ini menunjukkan bahwa kami juga merasakannya. Ketika itu, kami kehilangan seorang sahabat akhir tahun lalu di tanggal 25 Desember 2006, berat untuk membayangkan.
Hari ini kami ber-lima akan berkumpul dan bertemu di pemakaman Keke pukul 16.00 sore. Syifa kebagian membawa kue ultah, Ida menyiapkan lilin, sementara yang lain menyiapkan kebutuhan berziarah seperti payung, bunga, dan air.
Selain kami ber-lima, ziarah juga dilakukan oleh Kak Kiki, Kak Cika, dan Pak Jody. Hari ini, Ida yang paling awal sampai ditempat sempat melihat ibu kandung Keke berziarah dan menangis di pusaranya.
Ida menyaksikan pemandangan yang mengharukan karena saat menceritakan hal tersebut saja matanya ikut berkaca-kaca. Tanpa terasa satu jam telah berlalu dan kami masih berada di pusara Keke.
Bercerita mengenai suatu hari, ketika Keke masih dirawat di rumah sakit. Menurut Kak Cika, setelah kami pergi pamit untuk sholat maghrib, keke sempat membuka mata dan menyampaikan pesannya meski tidak bisa diucapkan dalam bahasa lisan yang jelas.
Keke memainkan jarinya membentuk angka satu dan empat. Pak Jodi sempat memberikan secarik kertas dan pena yang akhirnya menjadi pesan terakhir yang Keke sampaikan.
Tidak lama setelah itu, Keke berpulang ke hadapan Illahi. Kami tidak ada disisinya ketika Keke pergi karena sedang berdoa bersama meminta yang terbaik untuk Keke. Akhirnya kami ber-enam berkumpul bersama. Hari natal dipilih karena waktu inilah diliburkan dari segala aktivitas. Apalagi Dinda yang sudah siap bergabung untuk membaca surat dari Keke yang baru dibaca sepeninggal nya.
Dengan seluruh yang bercampur di dalam dada, kami terdiam dan berusaha membuka telinga lebar-lebar. Setelah membaca surat Keke, kami semua akhirnya “merenovasi” semua harapan dan mencoba menyisipkan permohonan di dalam segala hal yang kami capai
Evaluasi:
Kekurangan:
Terdapat beberapa penulisan yang salah, serta penulisan yang kurang menarik dan susah untuk dimengerti. Sedangkan, kelemahan yang dimiliki novel ini diantaranya kata-kata pengemis yang kadang kala membuat para pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan dan kata kiasan “pengemis”.
Kelebihan:
Novel ini bisa membuat pembaca “terhanyut” dalam cerita yang diceritakan. Apalagi tema yang diangkat yaitu tentang persahabatan sangatlah bagus untuk bahan pembelajaran kehidupan. Kosakata yang digunakan juga bisa membuat pembaca larut dalam cerita dan akhirnya pembaca lebih mudah memahami isi novel tersebut.
Rangkuman:
Namun dengan mengesampingkan kekurangan novel tersebut, kisah yang diangkat mengajarkan tentang arti persahabatan yang sebenarnya. Dan novel ini juga sangat cocok untuk para remaja Indonesia. Karena terdapat berbagai macam makna yang bisa mendatangkan motivasi untuk diri sendiri agar mudah bersahabat dan setia.
Teks 4
EMAK DAN SEPOTONG ROTI
Karya. Caswati
                Emak dan Sepotong Roti merupakan salah satu judul hasil karya sastra Caswati, yang berupa cerpen. Cerpen karangan mahasiswi jurusan satra di UGM ini menceritakan tentang kisah perjuangan seorang Emak dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Ia rela melakukan pekerjaan berat demi menyekolahkan kedua putinya, Dani dan Dina. Cerpen tersebut dikarangnya saat mengikuti lomba dalam rangka bulan bahasa dan sastra yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional Pusat Balai Bahasa Yogyakarta pada tahun 2007.
              Cerita dalam cerpen ini diawali dengan peristiwa kemarau berkepanjangan yang melanda sebuah desa. Kemarau itu mengakibatkan lahan persawahan dan sungai sumber mata air penduduk desa mengering. Keadaan itu membuat sebagian warga meninggalkan sungai tersebut. Namun beda halnya dengan Emak, ia justru sering mendatangi sungai itu untuk mengumpulkan batu. Sejak suaminya meninggal empat tahun yang lalu, ia harus melakukan pekerjaan-pekerjaan kasar demi menyambung hidupnya dan menyekolahkan kedua putrinya, Dani dan Dina. Ia tidak ingin anaknya bernasib sama sepertinya
            Tapi Emak sedikit beruntung, karena Dani, putri sulungnya selalu membantunya, meski hanya di hari minggu saja, sebab sore hari ia baru pulang sekolah. Namun suatu hari minggu, saat Dani hendak membantu, tidak seperti biasanya, Emak menolak bantuaanya dan menyuruhya untuk pulang. Meski merasa agak aneh, Dani dan Dina bergegas pergi meninggalkan Emak. Tapi belum lama melangkah, mereka mendengar suara jeritan Emak yang tangan kirinya penuh dengan darah akibat terkena palu. Sejak saat itu, Emak tak lagi bisa bekerja dan jadi sangat pendiam. Dani ingin membawa Emak berobat dengan uang sisa hasil penjualan batu, namun Emak selau menolak. Dani pun menuruti kata Emak, ia merawatnya dengan penuh kasih sayang.
Suatu hari saat Dani berulang tahun, Emak memberinya kejutan sebuah roti tart yang sederhana. Sebelumnya Emak berkata pada Dina agar memberitahu Dani untuk membangunkannya setelah dia pulang. Dani pun langsung membangunkan Emaknya. Namun Emak tak bangun juga. Wajah pucat Emak membuat Dani tersadar kalau ia baru saja kehilangan sesuatu yang sangat berharga. Sementara Dina hanya memandangi keduanya dengan wajah polosnya.
            Cerpen karangan gadis kelahiran 23 September 1989 ini tersusun sangat runtut, sehingga pembaca lebih mudah memhami isinya. Selain itu, kosakata yang digunakan dapat membuat pembaca terlarut dalam cerita. Serta, alu ceritanya yang unik dan berbeda dengan cerpen-cerpen zaman sekarang yang biasanya berisi tentang kisah cinta remaja.
           Namun sayangnya, ada beberapa kata yang tak baku dalam cerpen tersebut. Seperti kata gedheg yang seharusnya diganti dengan kata lain dalam bahasa Indonesia yang memiliki arti sama. Sebab, tidak semua pembaca mengetahui apa arti kata tersebut, dan pasti akan terasa lebih enak dibaca.
           Tetapi, dengan mengesampingkan kekurangan tersebut, cerpen ini sangatlah cocok untuk remaja Indonesia. Sebab, di dalamnya terkandung banyak pesan yang bermakna, yang dapat memotivasi kita agar semangat menjalani hidup, bersyukur atas segala pemberiaan Tuhan, berbakti kepada orang tua, dan bekerja keras untuk mewujudkan sesuatu yang kita inginkan.
Teks 5
SURAT KECIL UNTUK TUHAN
Karya. Agnes Danovar
          Surat Kecil untuk Tuhan merupakan salah satu judul hasil karya sastra Agnes Danovar, yang berupa novel. Novel ini mengisahkan ulang cerita pilu seorang gadis bernama Keke atau Gita Sesa Wanda Cantika. Ia terkena penyakit yang terbilang langka bernama Rabdosmiosarkoma atau yang dalam bahasa awam dikenal dengan nama kanker jaringan lunak. Keke sendiri merupakan pasien pertama di Indonesia yang terdeteksi terkena penyakit tersebut. Hal ini yang menjadikan kisahnya sangat menggugah.
           Novel ini menceritakan Keke, seorang gadis yang cukup beruntung, karena lahir dari keluarga yang sangat berada, memiliki dua orang kakak laki-laki yang bernama Chika dan Kiki, orang tua yang sangat menyayanginya walau sudah bercerai, dan juga Pak Yus, ajudan sang Ayah. Selain itu Keke juga dikelilingi enam sahabat karib yang selalu setia menemaninya dan hidupnya pun semakin lengkap dengan kehadiran seorang kekasih yang juga begitu menyayanginya, yaitu Andy. Pada tahun 2003 kanker Rhabdomyosarcoma menghinggapinya, Keke merupakan pengidap pertama di Indonesia. Gadis cantik itu pun berubah menjadi "monster" hingga terpaksa harus menjalani serangkaian kemoterapi dan radiasi hampir setahun lamanya, akibatnya, semua rambut Keke sedikit demi sedikit mulai rontok, kulitnya mengering, dan sering mual-mual. Ketekunan Keke dan keluarganya membuahkan hasil. Keke dinyatakan sembuh dan bisa kembali menjalani aktivitas seperti sedia kala.
            Setahun kemudian yaitu pada tahun 2004, kanker itu kembali, lebih parah dan mematikan. Meskipun sudah ditolak di rumah sakit mana-mana, ayah Keke tidak pernah sekali pun menyerah untuk menyembuhkan anaknya. Meskipun ratusan dokter memprediksi bahwa hidup Keke tidak akan lebih dari tiga bulan, Keke berhasil bertahan untuk lebih dari setahun. Meskipun pada akhirnya, Keke harus menerima kenyataan bahwa ia memang tidak dapat disembuhkan karena kanker itu sudah terlalu menyebar. Keke meninggal dunia pada tanggal 25 Desember 2006
             Kelebihan dari novel karya Agnes Danovar ini adalah dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Kelebihan lainnya adalah ini adalah kisah yang diangkat dari kehidupan nyata dan sangat menyentuh. Novel ini juga mengajarkan kita agar ikhlas dan tabah menerima cobaan dari Allah dan yakin setiap cobaan pasti ada jalan keluarnya.
            Namun sayangnya masih ada penulisan yang salah dan juga ada penulisan yang kurang menarik dan sulit dimengerti. Sedangkan kelemahan yang dimiliki novel ini, di antaranya kata-kata penulis yang kadang membuat pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan kata-kata kiasan penulis.
             Tetapi, dengan mengesampingkan kekurangan novel tersebut, cerpen ini yang mengajarkan kita tentang arti kehidupan yang sebenarnya.  Dalam menghadapi sebuah cobaan seberat apapun itu, kita harus tetap berusaha untuk bangkit dan tak menyerah.
Teks 6
Marmu Merah Jambu

Judul                       : Marmut Merah Jambu
Pengarang              : Raditya Dika
Tahun terbit          : Juni 2010
Penerbit                 : Bukune
Jumlah halaman   : 222 halaman
Kategori                : Nonfiksi-komedi

            Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi oleh Raditya DikaFrandaKamga MoTio PakusadewoDewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
          Marmut Merah Jambu ini berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus di masa lalunya yang belum selesai hingga dia dewasa. Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana?
           Kelebihan film ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami dan alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya memiliki warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik.
           Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap memberikan hal yang bagus dan menarik.
Teks Ulasan Film
Teks 7
Film Singkat (Sang Pemimpi)
Informasi umum:
  • Judul: Sang Pemimpi
  • Sutradara: Riri Riza
  • Produser: Mira Lesmana
  • Penulis: Salma Aristo, Riri Riza , Mira Lesmana
  • Musik: Said Effendi
  • Distributor: Miles film dan Mizan Production
  • Rilis: 17 desember 2009
  • Durasi: 120 menit
  • Bahasa: Indonesia
  • Anggaran: Rp 11 miliar
  • Prekuel: Laskar Pelangi
  • Sekuel: Edensor
Pemain :
  • Vikri Setiawan sebagai Ikal remaja.
  • Lukman Sardi sebagai Ikal dewasa (juga dalam Laskar Pelangi).
  • Zulfanny memerankan Ikal kecil (juga dalam Laskar Pelangi)
  • Rendy Ahmad sebagai Arai remaja.
  • Nazriel Ilham (Ariel “NOAH”) sebagai Arai dewasa.
  • Sandy Pranatha sebagai Arai kecil.
  • Azwir Fitrianto sebagai Jimbron remaja.
  • Mathias Muchus sebagai Seman Said Harun, Ayah Ikal (juga dalam Laskar Pelangi).
  • Rieke Diah Pitaloka sebagai Ibu Ikal (juga dalam Laskar Pelangi).
  • Nugie sebagai Pak Balia, seorang guru muda pengajar sastra yang inspiratif
  • Landung Simatupang sebagai Pak Mustar, kepala sekolah yang keras dan galak.
  • Maudy Ayunda sebagai Zakiah Nurmala, gadis Melayu nan cantik
  • Yayu Unru sebagai Bang Rokib, pelaut Melayu yang berpengalaman.
  • Jay Wijayanto sebagai Bang Zaitun, pemusik Melayu lokal yang lihai soal asmara.
Orientasi 1:
Sang Pemimpi merupakan sebuah film Indonesia (th 2009) yang diadaptasi dari tetralogi novel Laskar Pelangi kedua, Sang Pemimpi, karya Andrea Hirata. Film ini merupakan sekuel dari film Laskar Pelangi yang bercerita mengenai kehidupannya di Belitong disaat dia SMA.
Orientasi 2:
Tiga tokoh utama di film Sang Pemimpi yaitu Ikal, Arai, dan Jimbron. Ikal ialah Andrea Hirata sendiri, Arai merupakan saudara jauhnya yang menjadi yatim piatu saat masih kecil. Arai disebut sebagai simpai karena dia merupakan orang terakhir yang masih hidup di keluarganya, dan dia diangkat menjadi anak oleh ayah Ikal.
Jimbron adalah teman Ikal dan Arai yang sangat ter-obsesi dengan kuda dan gagap ketika sedang antusias dengan sesuatu maupun ketika gugup. Ketiga orang ini melalui kisah persahabatan semenjak kecil sampai mereka bersekolah di SMA Negeri Manggar, SMA Negeri pertama yang ada di Belitong.
Tafsiran Isi 1:
Untuk memenuhi kebutuhan hidup, Ikal dan Arai mesti bekerja sebagai kuli di pelabuhan ikan saat dini hari lalu pergi ke sekolah setelah menyelesaikan pekerjaan. Meskipun begitu, mereka tetap giat belajar sehingga selalu menduduki peringkat 5 teratas dari 160 murid di sekolah. Sekolah mereka berada 30 km dari rumah Ikal dan Arai sehingga keduanya harus menyewa kamar dan jauh dari orang tua.
Tafsiran Isi 2:
Andrea Hirata di bukunya menceritakan bahwa Iklan dan kedua temannya merupakan remaja yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, Kepala Sekolah SMA Negeri Manggar tersebut. Tetapi lain halnya dengan guru bernama Pak Balia, dialah yang memberikan mimpi-mimpi untuk muridnya. Khususnya kepada Ikal, Arai dan Jimbron.
Tafsiran Isi 3:
Di Film Sang Pemimpi, saat SMA banyak kenakalan yang dilakukan oleh Arai dan Akal. Mereka pernah mengejek Pak Mustar ketika upacara bendera hingga Pak Mustar marah. Mereka juga pernah menyusup ke bioskop, padahal tidak diizinkan oleh sekolah untuk masuk dan menonton film dewasa tersebut. Pak Mustar yang mengetahui hal itu memberi hukuman kepada Ikal dan Arai keesokan harinya.
Tafsiran Isi 4:
Film ini memiliki kelebihan yaitu menceritakan persahabatan dan rasa setia kawan yang baik sekaligus mencakup arti pentingnya pendidikan, kisahnya pun sangat mengharukan. Hidup mandiri dan terpisah dari orang tua dengan kondisi ekonomi yang sangat terbatas tetapi memiliki cita-cita yang tinggi.
Tafsiran Isi 5:
Yang disayangkan bahwa alur cerita di dalam film ini tidak jelas karena waktunya dibolak-balik sehingga ceritanya membuat bingung penonton.
Evaluasi:
Film ini sangat memotivasi para pelajar terutama pelajar SMA, kisah yang mengharukan tetapi menyenangkan ketika dilihat, sekaligus bercerita mengenai persahabatan dan rasa setia kawan yang bagus, dan juga menyadarkan pentingnya pendidikan yang dijelaskan begitu dalam. Banyak juga kejadian lucu yang menarik untuk penontonnya. Penonton film Sang Pemimpi mencapai 2 juta lebih penonton dan menjadi film terlaris sepanjang masa, film ini dapat dilihat oleh semua kalangan.
Rangkuman:
Hikmah dan pelajaran yang bisa diambil dari film ini bahwa sifat pantang menyerah dan terus semangat bisa mengalahkan segala ketidakmungkinan selama kita mau berusaha semaksimal mungkin, sekaligus rasa setia, saling percaya, dan saling menjaga merupakan kuncul dari menjalin hubungan yang sejati dengan sahabat. Dan mimpi merupakan hal yang sangat penting, karena mimpi adalah anak tangga pertama untuk mencapai kesuksesan.
Teks 8
Teks Ulasan Film 5 CM
Judul Film           : 5 cm.
Sutradara             : Rizal Mantovani
Penulis                : Donny Dhirgantoro
Pemeran              : Herjunot Ali, Ferdi Nuril, Saykoji, Raline Shah, Pevita Perace, Deni Sumargo
Produksi              : RAM SORAYA
Didalam film 5cm ini, berkisah tentang kisah persahabatan 5 orang remaja yang bernama Arial (Deni Sumargo), Genta (Ferdi Nuril), Ian (Saykoji), Riani (Raline Shah), Zafran (Herjunot Ali). Film ini juga tak lupa menampilkan sudut-sudut keindahan Negeri kita tercinta, Indonesia. Yaitu diantaranya pesona Puncak Mahameru, Danau Ranu Kumbolo, Tanjakan Cinta, dll.
Si Penulis film ini, Donny Dhirgantoro mempunyai tujuan untuk menunjukkan kepada para penonton bahwa persahabatan tidak hanya sekadar, berkumpul setiap minggu, makan dan nongkrong di tempat yang dianggap “hitz” , tertawa sekencang-kencangnya, tetapi juga persahabatan yang tetap terjalin walaupun tidak tegur sapa selama kurang lebih 3 bulan.
Selain bercerita tentang persahabatan, film ini juga menunjukkan kebersamaan diantara 1 orang dengan yang lain.Cerita tentang persahabatan ini jarang dipilih sebagai tema dalam semua film karena banyak orang yang menganggap terlalu biasa.
Namun, sang sutradara berhasil mengolahnya menjadi hal yang tidak hanya sekadar biasa, tetapi luar biasa. Beberapa adegan ditampilkan melalui kesan humoris seperti pada adegan Arial (Deni Sumargo) dan Ian (Saykoji) yang mengganti nama penyair terkenal Khalil Gibran menjadi Khalil Zafran dengan sajaknya Sayap-Sayap Patah diganti menjadi Sayap-Sayap Ayam.
Film yang cocok ditonton tidak hanya kaum remaja tapi juga orang tua ini menggunakan bahasa yang bisa dibilang santai dan mudah dipahami.
Selain bahasa yang mudah dipahami, para pemain pun juga bermain dengan baik dan sangat menghayati setiap adegan yang mereka mainkan sehingga karakter dari setiap pemain benar-benar terlihat.
Seperti pada adegan di atas mobil pick-up  dimana mereka membacakan “mantra” sebelum melakukan pendakian di puncak mahameru, betapa mereka sangat menghayati peran sehingga semua itu terlihat nyata bukan rekayasa akting.
Namun, terdapat beberapa kekurangan dalam film ini diantaranya adalah dimana ada beberapa adegan yang terlihat “khayal” – tidak nyata. Seperti salah satunya dalam adegan saat di jalur pendakian dan terdapat hujan batu dari puncak dimana hampir semua pemain terkena batu dan yang terparah, Ian (Saykoji) memiliki banyak luka dan jika kita berfikir secara logis kejadian seperti itu bisa menyebabkan kematian karena sangat mengerikan dan di dalam film tersebut Ian (Saykoji) ternyata hanya pingsan.
Selain itu, hal-hal yang terlihat khayal juga terdapat di poster dan vcd film dimana mereka ber 6- ditambah adik perempuan Arial (Deni Sumargo) yang diperankan oleh Pevita Pearce dan berperan sebagai Dinda.  Di dalam poster dan vcd film itu mereka terlihat seperti mendaki di atas awan, semua itu terlihat sangat khayal dimana sang desainer nya memberikan ilustrasi awan yang terlihat sangat palsu.
Walaupun sebenarnya saat di film memang mereka berada di atas awan. Dimana mimpi-mimpi digantung, setinggi awan, setinggi tekad yang kita tancapkan dalam diri untuk mencapai suatu hal yang sangat diidamkan.
Dan ada juga yang tidak sesuai dengan tema utama yaitu persahabatan, disini juga terdapat beberapa bagian tentang kisah cinta anak jaman sekarang. Dan ending yang sangat mengagetkan dan sangat beda dengan pemikiran para penonton.
Di awal cerita terdapat narasi yang mengatakan secara tidak langsung bahwa Genta (Ferdi Nuril) dan Riani (Raline Shah) terlihat saling menyukai dan didukung dengan adegan saat di Mahameru dimana mereka berdua sering tertangkap kamera saling mencuri pandang. Sedangkan, Zafran (Herjunot Ali) terlihat menyukai Dinda (Pevita Pearce) dan Dinda pun begitu. Namun, pada akhirnya ternyata berkebalikan yaitu, Genta (Ferdi Nuril) ternyata menyukai Dinda (Pevita Pearce) dan begitupun Zafran (Herjunot Ali) menyukai Riani (Raline Shah).
Semua penonton dari awal kebanyakan sudah berpikiran bahwa pemeran utama film ini adalah Genta (Ferdi Nuril), namun ternyata bukan Genta (Ferdi Nuril) melainkan Zafran (Herjunot Ali). Kebanyakan penonton tidak memperhatikan di awal bahwa yang membaca narasi adalah Zafran (Herjunot Ali).
Namun, secara keseluruhan film ini bagus dan sangat menarik terbukti dengan begitu banyak penonton yang antusias setiap kali menonton film ini walaupun sudah diputar beberapa kali. Sebuah karya yang mengedepankan tentang persahabatan dan percintaan menjadi nomor kesekian.
Teks 9
Teks Ulasan Film Laskar Pelangi
Orientasi:
Keterbatasan yang ada tidak memuat anggota Laskar Pelangi putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.Cerita terjadi di desa Gantung, Belitung Timur yang dimulai ketika SD Muhammadiyyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jika tidak melebihi 10 anak. Saat penutupan sekolah karena jumlahnya hanya 9, Harun dan Ibunya datang dan mendaftarkan diri ke sekolah itu.
Tafsiran:
Dari sanalah cerita dimulai. Mereka, Laskar Pelangi, nama yang diberikan Bu Muslimah akan kesenangan mereka terhadap pelangi sempat mengharumkan nama sekolah dengan berbagai cara.
Novel ini sangat bermanfaat bagi para remaja. Kelebihan novel ini antar lain, berisi motivasi dan amanat-amanat yang dapat diambil dari kisah tersebut. Naskah Laskar Pelangi telah diadaptasi menjadi sebuah film berjudul sama dengan novelnya.
Evaluasi:
Anggota Laskar Pelangi mempunyai karakter dan bakat yang berbeda-beda. Ikal adalh tokoh “ aku “ dalam cerita ini. Lintang, teman sebangku Ikal, adalah anak yang luar biasa jenius.
Sahara adalah satu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi yang memiliki sikap keras kepala dan berpendirian kuat yang sangat patuh kepada agama.
Mahar, pria tampan bertubuh kurus ini, memiliki bakat dan minat besar pada seni. A Kiong adalah keturunan Tionghoa dan pengikut sejati Mahar sejak kelas satu.
Syahdan adalah anak nelayan yang dalam cerita ini tak pernah menonjol. Kucai adalah ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi. Borek adalah pia besar maniak otot. Harun adalah pria yang memiliki keterbelakangan mental.
Tokoh lain dalam novel ini adalah Bu Muslimah, Ibunda Guru bagi Laskar Pelangi. Pak Harfan, kepala sekolah dari sekolah Muhammadiyyah. Flo, adalah seorang anak tomboi yang berasal dari keluarga kaya. A Ling adalah cinta pertama Ikal yang merupakan sepupu A Kiong.
Rangkuman:
Novel Laskar Pelangi yang ditulis Andrea Hirata, tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga di luar Indonesia, hingga ke Amerika Serikat dan mendapatkan penghargaan penerbit para pemenang nobel sastra.











Teks Ulasan Novel Sang Pemimpi
Orientasi:
Sang Pemimpi adalah novel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Novel ini berkisah tentang kehidupannya di Pulau Belitong yang serba kesusahan. Ada 3 orang pemuda SMA yang bermimpi untuk menyambung sekolah sampai ke Prancis menjelajah Eropa sampai ke Afrika. Ikal, Arai, dan Jimbron adalah para pemimpi-pemimpi tersebut.
Tafsiran:
Pada bab pertama buku ini, Andrea menceritakan tentang dirinya (dalam novel ini digambarkan sebagai Ikal) dan 2 temannya, Arai dan Jimbron adalah tiga remaja yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, tokoh antagonis dalam buku ini. Dia seorang Wakil Kepala SMA Bukan Main itu. Namun, berbeda dengan sang Kepala Sekolah yang bernama Pak Balia. Ia adalah cermin guru teladan. Pak Belialah yang telah memberikan mimpi-mimpi kepada murid-muridnya terutama kepada Ikal, Arai dan Jimbron.
Pada bab-bab berikutnya pembaca akan melihat potongan-potongan kisah seperti berdiri sendiri. Andrea hanya membuat cerpen-cerpen dalam satu buku. Meskipun demikian, pada setiap bab, mulai awal hingga akhir, buku ini memiliki hubungan yang sangat erat, seperti mozaik-mozaik dalam kehidupan.
Evaluasi:
Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan kesedihan.
Selain itu, buku ini memiliki lelucon-lelucon yang tidak biasa, cerdas, dan pasti akan membuat pembaca tertawa. Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui bahwa Andrea Hirata memiliki pribadi yang cerdas dalam mengolah kata-kata dan memiliki wawasan yang sangat luas.
Meskipun disebut sebagai buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi, di buku ini nyaris tidak ada hubungannya dengan buku Laskar Pelangi.
Sang Pemimpi hanya menyebutkan kata Laskar Pelangi hanya sekali. Keponakan yang Ikal biayai saat di Jawa juga tidak disebut sama sekali dalam buku ini, padahal di Novel sebelumnya telah diceritakan dengan jelas.
Rangkuman:
Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan tadi, novel ini benar-benar buku yang sangat dibutuhkan oleh remaja negeri ini. Buku ini memberi motivasi, semangat, dan mimpi pada anak-anak yang patah semangat supaya sekolah dan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, buku ini juga mengajarkan tentang ketidakmungkinan yang bisa diwujudkan dengan kerja keras.
Film Singkat (Sang Pemimpi)
Informasi umum:
  • Judul: Sang Pemimpi
  • Sutradara: Riri Riza
  • Produser: Mira Lesmana
  • Penulis: Salma Aristo, Riri Riza , Mira Lesmana
  • Musik: Said Effendi
  • Distributor: Miles film dan Mizan Production
  • Rilis: 17 desember 2009
  • Durasi: 120 menit
  • Bahasa: Indonesia
  • Anggaran: Rp 11 miliar
  • Prekuel: Laskar Pelangi
  • Sekuel: Edensor
Pemain :
  • Vikri Setiawan sebagai Ikal remaja.
  • Lukman Sardi sebagai Ikal dewasa (juga dalam Laskar Pelangi).
  • Zulfanny memerankan Ikal kecil (juga dalam Laskar Pelangi)
  • Rendy Ahmad sebagai Arai remaja.
  • Nazriel Ilham (Ariel “NOAH”) sebagai Arai dewasa.
  • Sandy Pranatha sebagai Arai kecil.
  • Azwir Fitrianto sebagai Jimbron remaja.
  • Mathias Muchus sebagai Seman Said Harun, Ayah Ikal (juga dalam Laskar Pelangi).
  • Rieke Diah Pitaloka sebagai Ibu Ikal (juga dalam Laskar Pelangi).
  • Nugie sebagai Pak Balia, seorang guru muda pengajar sastra yang inspiratif
  • Landung Simatupang sebagai Pak Mustar, kepala sekolah yang keras dan galak.
  • Maudy Ayunda sebagai Zakiah Nurmala, gadis Melayu nan cantik
  • Yayu Unru sebagai Bang Rokib, pelaut Melayu yang berpengalaman.
  • Jay Wijayanto sebagai Bang Zaitun, pemusik Melayu lokal yang lihai soal asmara.
Orientasi 1:
Sang Pemimpi merupakan sebuah film Indonesia (th 2009) yang diadaptasi dari tetralogi novel Laskar Pelangi kedua, Sang Pemimpi, karya Andrea Hirata. Film ini merupakan sekuel dari film Laskar Pelangi yang bercerita mengenai kehidupannya di Belitong disaat dia SMA. Tiga tokoh utama di film Sang Pemimpi yaitu Ikal, Arai, dan Jimbron. Ikal ialah Andrea Hirata sendiri, Arai merupakan saudara jauhnya yang menjadi yatim piatu saat masih kecil. Arai disebut sebagai simpai karena dia merupakan orang terakhir yang masih hidup di keluarganya, dan dia diangkat menjadi anak oleh ayah Ikal.
Jimbron adalah teman Ikal dan Arai yang sangat ter-obsesi dengan kuda dan gagap ketika sedang antusias dengan sesuatu maupun ketika gugup. Ketiga orang ini melalui kisah persahabatan semenjak kecil sampai mereka bersekolah di SMA Negeri Manggar, SMA Negeri pertama yang ada di Belitong.
Tafsiran Isi 1:
Untuk memenuhi kebutuhan hidup, Ikal dan Arai mesti bekerja sebagai kuli di pelabuhan ikan saat dini hari lalu pergi ke sekolah setelah menyelesaikan pekerjaan. Meskipun begitu, mereka tetap giat belajar sehingga selalu menduduki peringkat 5 teratas dari 160 murid di sekolah. Sekolah mereka berada 30 km dari rumah Ikal dan Arai sehingga keduanya harus menyewa kamar dan jauh dari orang tua.
Tafsiran Isi 2:
Andrea Hirata di bukunya menceritakan bahwa Iklan dan kedua temannya merupakan remaja yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, Kepala Sekolah SMA Negeri Manggar tersebut. Tetapi lain halnya dengan guru bernama Pak Balia, dialah yang memberikan mimpi-mimpi untuk muridnya. Khususnya kepada Ikal, Arai dan Jimbron.
Tafsiran Isi 3:
Di Film Sang Pemimpi, saat SMA banyak kenakalan yang dilakukan oleh Arai dan Akal. Mereka pernah mengejek Pak Mustar ketika upacara bendera hingga Pak Mustar marah. Mereka juga pernah menyusup ke bioskop, padahal tidak diizinkan oleh sekolah untuk masuk dan menonton film dewasa tersebut. Pak Mustar yang mengetahui hal itu memberi hukuman kepada Ikal dan Arai keesokan harinya.
Tafsiran Isi 4:
Film ini memiliki kelebihan yaitu menceritakan persahabatan dan rasa setia kawan yang baik sekaligus mencakup arti pentingnya pendidikan, kisahnya pun sangat mengharukan. Hidup mandiri dan terpisah dari orang tua dengan kondisi ekonomi yang sangat terbatas tetapi memiliki cita-cita yang tinggi.
Tafsiran Isi 5:
Yang disayangkan bahwa alur cerita di dalam film ini tidak jelas karena waktunya dibolak-balik sehingga ceritanya membuat bingung penonton.


Evaluasi:
Film ini sangat memotivasi para pelajar terutama pelajar SMA, kisah yang mengharukan tetapi menyenangkan ketika dilihat, sekaligus bercerita mengenai persahabatan dan rasa setia kawan yang bagus, dan juga menyadarkan pentingnya pendidikan yang dijelaskan begitu dalam. Banyak juga kejadian lucu yang menarik untuk penontonnya. Penonton film Sang Pemimpi mencapai 2 juta lebih penonton dan menjadi film terlaris sepanjang masa, film ini dapat dilihat oleh semua kalangan.
Rangkuman:
Hikmah dan pelajaran yang bisa diambil dari film ini bahwa sifat pantang menyerah dan terus semangat bisa mengalahkan segala ketidakmungkinan selama kita mau berusaha semaksimal mungkin, sekaligus rasa setia, saling percaya, dan saling menjaga merupakan kuncul dari menjalin hubungan yang sejati dengan sahabat. Dan mimpi merupakan hal yang sangat penting, karena mimpi adalah anak tangga pertama untuk mencapai kesuksesan.









LAMPIRAN TEKS
Contoh Teks Eksplanasi Di Bidang Sosial.
Pengangguran
Pengangguran merupakan isu nasional bangsa Indonesia yang hingga kini masih dalam proses menemukan solusi yang lebih baik dan efektif. Seiring pergantian presiden, banyak sekali solusi-solusi yang sudah dilakukan seperti pengadaan pelatihan untuk masyarakat umur produktif dan menggalakan program usaha bagi daerah-daerah potensi. Namun pengangguran tetap meningkat dari tahun ke tahun.
Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan adanya pengangguran seperti pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak seimbang dengan jumlah pencari kerja yang meningkat setiap tahun, kemampuan SDM yang belum memadai, jumlah PHK yang tinggi, dan sebagainya. Adanya pengangguran yang meningkat ini tentu saja memberikan dampak negatif. Dampak tersebut diantaranya adalah meningkatnya kemiskinan dan kriminalitas serta semakin menurunnya tingkat kesehatan.
Pengangguran bisa dikatakan sebagai salah satu sebab masalah-masalah lain bermunculan. Oleh karena itu harus segera ditemukan solusi pemecahan yang sesuai agar dapat meminimalisir dampak-dampak negatif di atas. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memperbaiki kualitas pendidikan dan meningkatkan kesadaran orang tua agar dapat mengarahkan anak-anaknya serta mendukung minat dan bakatnya. Melalui cara ini diharapkan pengangguran dapat berkurang.
Contoh Teks Eksplanasi Kompleks.
Rokok
Rokok terbuat dari tembakau yang digulung menggunakan kertas khusus. Rokok juga mengandung nikotin dan bahan berbahaya lain. Cara menggunakan rokok hanya dengan dibakar ujungnya lalu dihisap dari bagian pangkal. Rokok cukup diminati karena menurut perokok aktif, terdapat sensasi tersendiri saat merokok.
Bahaya rokok sudah banyak dijelaskan dan dikampanyekan agar orang-orang sadar untuk berhenti merokok. Bahkan dibalik bungkus rokok tertulis akibat-akibat merokok. Pemerintah juga sangat menghimbau untuk tidak merokok karena dapat menyebabkan penyakit jantung, keguguran, masalah pernapasan, dan bau mulut. Selain itu merokok bisa membuat orang menghindar terutama bagi yang tidak menyukai asap rokok.
Efek negatif rokok bisa jangka pendek maupun jangka panjang. Memang untuk berhenti merokok sangatlah tidak mudah karena rokok mengandung senyawa yang membuat ketagihan. Namun jika sudah memiliki niat yang kuat dan kesadaran tinggi, sebaiknya para perokok aktif ini didukung atas usahanya berhenti merokok.
Contoh Teks Eksplanasi Budaya.
wayang
Indonesia memiliki beraneka ragam kebudayaan. Salah satu produk kebudayaan yang terkenal adalah wayang. Wayang bisa dijadikan pertunjukkan yang dibawakan oleh seorang dalang. Wayang pun bermacam-macam tergantung daerah setempat. Wayang Jawa dengan Bali tentu sangat berbeda. Wayang juga terkenal di wilayah Sumatra dan sekitarnya. Pada tanggal 7 November 2003, UNESCO mengakui pertunjukkan wayang sebagai produk kebudayaan yang berharga atau dikenal sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.
Versi wayang pun ada yang berbentuk wayang golek, wayang orang (dimainkan oleh manusia), atau wayang boneka. Dalam sebuah pagelaran wayang Jawa biasanya memainkan cerita Mahabharata atau Ramayana. Awal mula wayang dibuat adalah ketika agama Hindu masuk ke Indonesia. Untuk diterima masyarakat, agama Hindu menyesuaikan dengan kebudayaan setempat sehingga dipilihlah wayang sebagai media untuk menjembatani agama Hindu dengan sosial masyarakat. Lalu ketika agama Islam masuk ke Indonesia, wayang yang dibuat dari kulit sapi. Wayang ini merupakan wujud penyesuaian agama Islam dengan masyarakat pada saat itu.
Akulturasi dan perkembangan wayang tidak berhenti di situ. Pada tahun 1960 munculah gerakan misionaris katholik untuk menyebarkan agama katholik di Indonesia. Dikembangkan wayang Wahyu dimana cerita yang diangkat wayang Wahyu bersumber dari kitab agama tersebut. Sekarang wayang menjadi hiburan masyarakat. Terkadang orang merasa tidak lengkap jika tidak menanggap pertunjukkan wayang dalam acaranya.
Filosofi dalam wayang selalu bermakna kebaikan dan mengajak untuk berbuat baik. Bahkan di setiap bagian wayang mempunyai makna tersendiri. Harapannya melalui pertunjukkan wayang, pesan-pesan kebaikan dapat tersampaikan dan mengena masyarakat. Kebudayaan wayang ini tentu harus dilestarikan sebagai media dan bahan ajar dalam sekolah-sekolah terutama.
Contoh Teks Eksplanasikejadian Alam
Gerhana Matahari

Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang langka dan menarik untuk diamati. Gerhana matahari terjadi dalam kurun waktu ratusan tahun sekali. Fenomena ini terjadi ketika posisi bulan berada tepat diantara matahari dan bumi dalam satu garis lurus sehingga cahaya matahari akan tertutup oleh bulan selama beberapa detik.

Untuk dapat melihat gerhana matahari diperlukan teropong khusus atau media yang melindungi mata. Jika fenomena ini dilihat dengan mata telanjang tentu akan membahayakan keselamatan mata bahkan bisa menimbulkan kebutaan. Hal ini disebabkan karena retina mata rusak oleh radiasi tinggi dari sinar matahari. Radiasi ini tak kasat mata dengan panjang gelombang tertentu. Mata manusia tidak dapat bertahan dengan radiasi tersebut.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar tetap dapat menikmati gerhana matahari. Selain menggunakan teropong khusus gerhana matahari, ada salah satu cara cara paling ekonomis adalah menggunakan film. Film ini akan membantu melindungi mata meskipun tidak maksimal.
Contoh Teks Eksplanasi Kerusakann Lingkungan
Kebakaran hutan
Kebakaran hutan merupakan bencana alam yang kerap kali terjadi di Indonesia. Hutan merupakan habitat berbagai dan tumbuhan mengalami perubahan bentuk karena bermacam penyebab. Salah penyebab yang paling sering terjadi adalah pembakaran besar-besaran untuk menghanguskan tumbuhan asli hutan sehingga didapatkan lahan kosong yang siap ditanami tumbuhan tertentu untuk keperluan suatu industri. Kebakaran hutan sering terjadi di daerah yang intensitas panas matahari sangat tinggi.
Faktor penyebab terjadi bencana kebakaran hutan bermacam-macam. Terdapat dua faktor utama seperti faktor alam dan faktor manusia. Contoh faktor alami yaitu petir, lelehan lahar dari gunung berapi, dan gesekan antar pohon saat musim kemarau panjang. Gesekan antar ranting pohon ini dapat memicu terbentuknya api yang dapat menjalar dan membakar hutan.
Hutan-hutan yang berada di daerah sub-tropis sering mengalami kebakaran hutan jika tersambar petir. Namun kasus ini jarang terjadi karena biasanya setelah petir akan turun hujan sehingga jika terjadi api maka akan segera terpadamkan oleh air hujan. Faktor alami lainnya yaitu lelehan lahar gunung berapi. Fenomena ini biasanya terjadi di lereng gunung seperti merapi. Kebakaran dapat terjadi jika lahar yang melewati hutan masih panas.
Sebagian besar kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia disebabkan karena faktor ulah manusia yang tidak bisa menjaga alam. Adanya unsur kesengajaan memang kerap kali di sembunyikan oleh media Indonesia. Banyak sekali industri-industri yang memerlukan lahan terpaksa membakar hutan. Kasus kebakaran hutan juga bisa disebabkan karena api unggun yang tidak benar-benar mati sebelum ditinggalkan.
Kebakaran hutan tentu menyebabkan lingkungan menjadi rusak, ekosistem hewan terancam, dan adanya korban manusia. Tidak hanya itu, kebakaran hutan juga menimbulkan polusi udara seperti yang terjadi di Riau beberapa waktu lalu. Hal ini tentu mengganggu kesehatan ekosistem dan lingkungan. Oleh karena itu kita perlu menjaga dan melestarikan hutan. Pemerintah seharusnya lebih sigap memberikan solusi agar meminimalisir terjadinya kebakaran hutan di Indonesia.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel surga yang tak Dirindukan 2

Analisisi Novel Surga Yang Tak Dirindukan

Resensi film “Cek Toko Sebelah”