rpp teks ulasan kurikulum
H. Penilaian
Teknik penilaian
a.
Sikap
-
Observasi (jurnal)
b.
Pengetahuan
-
Tes tertulis
c.
Keterampilan
-
Produk
LAMPIRAN MATERI
Pengertian Teks Ulasan
Teks Ulasan adalah teks yang berisi
ulasan/penilaian/review terhadap suatu karya (film atau drama). Disaat mengulas
sebuah film dan drama kita harus bersikap kritis agar berkontribusi untuk
kemajuan drama dan film ke depannya.
Adapun tujuan teks ulasan untuk menunjukan sudut
pandang atau keberpihakan penulis terhadap suatu hal atau atau karya sementara.
Ciri-ciri Teks Ulasan
Yang
membedakan teks ulasan dengan teks cerita sejarah
maupun teks lain adalah di dalamnya mempunyai ciri-ciri:
- Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman.
- Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya atau produk .
- Opininya berdasarkan fakta yang di-interpretasi-kan.
- Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.
Struktur Teks Ulasan
Ada 4 hal yang
menyusun sebuah teks ulasan sehingga teks tersebut menjadi utuh. Berikut ini
struktur teks ulasan:
1. Orientasi
Berisi pengenalan tentang
gambaran umum mengenai sebuah karya (drama dan film) yang akan di review atau
ulas. Sehingga membuat pembaca mengetahui mengenai apa yang akan di-ulas.
2. Tafsiran
Berisi gambaran detail mengenai
sebuah karya (film dan drama) yang di-ulas, contohnya: kualitas,keunikan,
keunggulan, bagian karya, dan lainnya.
3. Evaluasi
Berisi pandangan dari pengulas
terhadap hasil karya yang di-ulas. Dilakukan setelah melakukan tafsiran,
sehingga pengulas bisa memberi bagian yang mempunyai nilai dan bagian yang
kurang.
4. Rangkuman
Berisi kesimpulan dari ulasan
terhadap suatu karya (drama dan film). Pengulas biasanya memberikan komentar
apakah film atau drama yang baru saja di-ulas berkualitas atau tidak.
Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan
Berikut
ini kaidah kebahasaan yang terkandung dalam teks ulasan:
- Teks ulasan drama/film berisi penonjolan terhadap unsur-unsur karya seni yang hendak di-ulas.
- Menggunakan kata-kata opini atau persuasif
- Menggunakan konjungsi internal dan konjungsi eksternal
- Menggunakan ungkapan perbandingan (persamaan/perbedaan)
- Menggunakan kata kerja material dan kata kerja relasional
Instrumen Penilaian
-
Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama Sekolah : SMP
Kelas/Semester : VIII/Semester 2
Tahun pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
-
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI TES TERTULIS
NO
|
LEVEL KOGNITIF
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO SOAL
|
Pengetahuan
|
Teks Ulasan
|
1.1.1 Menentukan
ciri objek teks ulasan yang
dibaca/didengar.
1.1.2 Menentukan
ciri tujuan teks ulasan
dibaca/didengar.
1.1.3 Menentukan ciri aspek kebahasaan teks ulasan yang dibaca/didengar.
|
1.
Menentukan 4 ciri objek teks
ulasan dari novel.
2.
Menentukan 4 ciri tujuan teks
ulasan novel.
3.
Menentukan 4 kata umum dan kata khusus dari teks ulasan novel
4.
Menentukan 4 kata sifat sikap dari teks ulasan
5.
Menemukan
jenis kalimat majemuk dalam teks ulasan
|
1
2
3
4
5
|
-
Instrumen Soal
Tes tertulis
Bacalah teks ulasan berikut kemudian
kerjakan sesuai dengan perintah!
Laskar pelangi
Keterbatasan yang ada tidak memuat
anggota Laskar Pelangi putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk
dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.Cerita terjadi di desa Gantung,
Belitung Timur yang dimulai ketika SD Muhammadiyyah teramcam akan dibubarkan
oleh Depdikbud Sumsel jika tidak melebihi 10 anak. Saat penutupan sekolah
karena jumlahnya hanya 9, Harun dan Ibunya datang dan mendaftarkan diri ke
sekolah itu.
Dari sanalah cerita dimulai. Mereka, Laskar Pelangi, nama yang diberikan Bu
Muslimah akan kesenangan mereka terhadap pelangi sempat mengharumkan nama
sekolah dengan berbagai cara. Novel ini sangat bermanfaat bagi para remaja.
Kelebihan novel ini antar lain, berisi motivasi dan amanat-amanat yang dapat
diambil dari kisah tersebut. Naskah Laskar Pelangi telah diadaptasi menjadi
sebuah film berjudul sama dengan novelnya.
Anggota Laskar Pelangi mempunyai karakter dan bakat yang berbeda-beda. Ikal
adalh tokoh “ aku “ dalam cerita ini. Lintang, teman sebangku Ikal, adalah
anak yang luar biasa jenius. Sahara adalah satu-satunya gadis dalam anggota
Laskar Pelangi yang memiliki sikap keras kepala dan berpendirian kuat yang
sangat patuh kepada agama. Mahar, pria tampan bertubuh kurus ini, memiliki
bakat dan minat besar pada seni. A Kiong adalah keturunan Tionghoa dan
pengikut sejati Mahar sejak kelas satu. Syahdan adalah anak nelayan yang
dalam cerita ini tak pernah menonjol. Kucai adalah ketua kelas sepanjang
generasi sekolah Laskar Pelangi. Borek adalah pia besar maniak otot. Harun
adalah pria yang memiliki keterbelakangan mental. Tokoh lain dalam novel ini
adalah Bu Muslimah, Ibunda Guru bagi Laskar Pelangi. Pak Harfan, kepala
sekolah dari sekolah Muhammadiyyah. Flo, adalah seorang anak tomboi yang
berasal dari keluarga kaya. A Ling adalah cinta pertama Ikal yang merupakan
sepupu A Kiong.
Novel Laskar Pelangi yang ditulis Andrea Hirata, tidak hanya populer di
Indonesia, tetapi juga di luar Indonesia, hingga ke Amerika Serikat dan
mendapatkan penghargaan penerbit para pemenang nobel sastra.
Nah sekian artikel dari saya mengenai teks ulasan film laskar pelangi, semoga
bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini kepada sobat yang
lainnya. Saya ucapkan terima kasih untuk sobat semua yang sudah
berpartisipasi untuk membuat informasibelajar.com ini menjadi salah satu blog
edukasi yang membantu lebih dari 10.000 ribu siswa diseluruh Indonesia.
Karena bantuan sobat semua, membuat blog sederhana ini menjadi salah satu
yang terbaik dan akan terus berlanjut.
|
1. Tulislah 4 ciri objek yang
terdapat dalam teks ulasan tersebut!
2. Tulislah 4 tujuan yang menggambarkan ciri dari teks ulasan tersebut!
3. Tulislah 4 kata umum dan kata khusus dalam teks ulasan tersebut!
4. Tulislah 4 kata sifat sikap dari
teks ulasan tersebut!
5. Carilah
kalimat majemuk yang terdapat pada teks ulasan “laskar pelangi”!
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
No Soal
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
a. Menuliskan 4 ciri objek
yang terdapat dalam teks ulasan tersebut!
b. Menuliskan 3 objek yang terdapat dalam teks ulasan
berjudul “laskar
pelangi” dengan benar.
c. Menuliskan 2 objek yang terdapat dalam teks ulasan
berjudul “laskar
pelangi” dengan benar.
d. Menuliskan 1 objek yang terdapat dalam teks ulasan
berjudul “laskar
pelangi” dengan benar.
|
4
3
2
1
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
|
2.
|
a. Menuliskan 4 tujuan yang menggambarkan objek dalam teks
ulasan “laskar
pelangi” dengan benar.
b. Menuliskan 3 tujuan yang menggambarkan objek dalam
teks ulasan “laskar
pelangi” dengan benar.
c. Menuliskan 2 tujuan yang menggambarkan objek dalam teks
ulasan “laskar
pelangi” dengan benar.
d. Menuliskan 1 tujuan yang menggambarkan objek dalam
teks ulasan “laskar
pelangi” dengan benar.
|
4
3
2
1
|
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
3.
|
a. Menuliskan 4 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks
ulasan “laskar
pelangi” dengan benar.
b. Menuliskan 3 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks
ulasan “laskar
pelangi” dengan benar.
c. Menuliskan 2 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks
ulasan “laskar
pelangi” dengan benar.
d. Menuliskan 1 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks
ulasan “laskar
pelangi” dengan benar.
|
4
3
2
1
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
|
4.
|
e. Menuliskan 4 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam
teks ulasan “laskar
pelangi” dengan benar.
|
4
|
f. Menuliskan 3 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam
teks ulasan “laskar
pelangi” dengan benar.
g. Menuliskan 2 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam
teks ulasan “laskar
pelangi” dengan benar.
h. Menuliskan 1 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam
teks ulasan “laskar
pelangi” dengan benar.
|
3
2
1
|
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
|
5.
|
a. Menuliskan jenis teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
|
4
|
JUMLAH SKOR TOTAL
|
20
|
Pedoman Penilaian:
Skor = jumlah perolehan angka
seluruh aspek
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 1)
Nama Peserta didik/Kelompok
: ................................................................
Kelas/Kelompok
:
................................................................
Bacalah teks dibawah ini kemudian
kerjakan tugas berikut!
Marmut Merah Jambu
Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre
drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan
dibintangi oleh Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika
yang berjudul sama. Film keempat karya Raditya
Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki peringkat
tiga besar di daftar Indonesia film terlaris
2014.
Marmut Merah Jambu ini berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta
pertamanya ketika masa SMA, dengan perempuan bernama Ina
Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus
yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga
persahabatannya dengan Cindy.
Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya
Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya membuat
grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus,
temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita tentang
persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita
Dika, dia sadar: ada kasus di masa lalunya yang belum selesai hingga dia
dewasa. Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya,
benarkah cinta pertama enggak kemana-mana?
Kelebihan
film ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga
mudah dipahami dan alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya
memiliki warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun
sayangnya, ada beberapa bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan
baik.
Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan
yang mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun
terhidang sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi
para penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak dapat
dimungkiri masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibuat Raditya
Dika, tetap memberikan hal yang bagus dan menarik.
|
1. Daftarlah hal yang diulas dari teks ulasan “Marmut Merah Jambu” tersebut!
NO
|
OBJEK/ HAL YANG DIULAS
|
1.
|
Menceritakan
kehidupan tokoh pada teks tersebut
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
2. Daftarlah tujuan yang akan dicapai dari teks ulasan
tersebut!
NO
|
TUJUAN
|
1.
|
Kelebihan novel
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
3. Carilah kata khusus pada teks deskripsi yang dicontohkan di
atas dengan mengisi tabel berikut!
NO
|
KATA UMUM
|
KATA KHUSUS
|
1.
|
Baik
|
Ramah
|
2.
|
||
3.
|
-
Instrumen
Penilaian Keterampilan
KISI-KISI TES KETERAMPILAN
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK KERJA
|
NO SOAL
|
Ketermapilan
|
Teks Ulasan
|
a. Menuliskan kata-kata kunci berdasarkan objek yang diamati
b. Mendaftar kata-kata kunci sebagai bahan penulisan
teks ulasan
c. Membuat peta konsep teks ulasan dari kata-kata kunci.
|
Susunlah teks ulasan berdasarkan
kata-kata kunci dari teks ulasan novel
“Marmut Merah Jambu”
|
|
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
ASPEK
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kelengkapan struktur (judul,
identitas, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi, dan rekomendasi)
|
-
|
Tiga unsur struktur terpenuhi
|
Tiga unsur struktur terpenuhi
|
Hanya satu unsur terpenuhi
|
Ketepatan isi pada setiap struktur
|
Semua gambaran umum objek, gambaran
rincian objek pada setiap bagian struktur teks tepat.
|
Terdapat satu bagian gambaran umum
dan rincian objeknya tidak tepat.
|
Terdapat dua bagian struktur yang
gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
|
Semua bagian struktur yang
gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
Penggunaan kata emotif, kata depan
di dan ke, dan konjungsi tepat
|
Terdapat satu penggunaan unsur
bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat dua penggunaan unsur
bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat tiga penggunaan unsur
bahasa yang tidak tepat
|
Kreativitas penggunaan bahasa
|
Terdapat empat atau lebih kekhasan
dalam penggunaan diksi
|
Terdapat tiga atau lebih kekhasan
dalam penggunaan diksi
|
Terdapat dua atau lebih kekhasan
dalam penggunaan diksi
|
Terdapat satu atau lebih kekhasan
dalam penggunaan diksi
|
Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka
seluruh aspek
-
Instrumen
Soal
Tes tertulis
1. Bacalah teks ulasan berikut kemudian kerjakan sesuai dengan
perintah!
Marmut Merah Jambu
Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi oleh Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya
Raditya Dika yang berjudul sama. Film
keempat karya Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki peringkat tiga besar di
daftar Indonesia film terlaris 2014.
Marmut
Merah Jambu ini berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta
pertamanya ketika masa SMA, dengan perempuan bernama Ina
Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus
yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga
persahabatannya dengan Cindy.
Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di
SMA. Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian
Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di
sekolah. Dika juga bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik
bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus di
masa lalunya yang belum selesai hingga dia dewasa. Seiring dia berusaha
memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak
kemana-mana?
Kelebihan film ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari
sehingga mudah dipahami dan alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover
depannya memiliki warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun
sayangnya, ada beberapa bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan
baik.
Akan tetapi, film ini sangat cocok
untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama
komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan
yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari
beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri masih ada di sana-sini,
sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap memberikan hal yang
bagus dan menarik.
|
2. Tentukan bagian struktur teks ulasan tesebut!
3. Tentukan ciri kebahasaan teks ulasan tersebut!
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
NO SOAL
|
URAIAN
|
SKOR
|
1.
|
a. Menentukan struktur dalam teks ulasan
Marmut Merah
Jambu dengan tepat.
b. Menentukan struktur dalam teks ulasan
Marmut Merah
Jambu dengan tepat.
c. Menentukan struktur dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.
|
3
2
1
|
2.
|
a. Menuliskan 4 ciri kebahasaan dalam teks ulasan
Marmut Merah Jambu dengan
tepat.
b. Menuliskan 3 ciri kebahasaan dalam teks ulasan Marmut
Merah Jambu dengan tepat.
c. Menuliskan 2 ciri kebahasaan dalam teks ulasan Marmut
Merah Jambu dengan tepat.
d. Menuliskan 1 ciri kebahasaan dalam teks ulasan Marmut Merah
Jambu dengan tepat.
|
4
3
2
1
|
Pedoman Penilaian
Skor = jumlah peroleh
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 2)
Nama Peserta
didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok
:
................................................................
Bacalah teks dibawah ini kemudian
kerjakan tugas berikut!
Marmut Merah Jambu
Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre
drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan
dibintangi oleh Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika
yang berjudul sama. Film keempat karya Raditya
Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki peringkat
tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
Marmut
Merah Jambu ini berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta
pertamanya ketika masa SMA, dengan perempuan bernama Ina
Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus
yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga
persahabatannya dengan Cindy.
Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di
SMA. Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian
Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di
sekolah. Dika juga bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik
bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus di masa
lalunya yang belum selesai hingga dia dewasa. Seiring dia berusaha
memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak
kemana-mana?
Kelebihan film ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari
sehingga mudah dipahami dan alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover
depannya memiliki warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun
sayangnya, ada beberapa bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan
baik.
Akan tetapi, film ini sangat cocok
untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama
komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan
yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari
beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri masih ada di sana-sini,
sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap memberikan hal yang
bagus dan menarik.
|
Struktur teks ulasan di atas!
NO
|
STRUKTUR
|
TEKS
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
1.
Ciri Kebahasaan teks ulasan!
NO
|
STRUKTUR
|
KATA/KALIMAT
|
1.
|
Kata benda dan kata
yang mengikuti kata benda (yang menjelaskan)
|
|
2.
|
Kalimat yang
seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan dirasakan.
|
|
3.
|
Kata Berimbuhan pada
Teks ulasan
|
|
4.
|
Menggunakan
kata bersinonim
|
-
Instrumen Penilaian Keterampilan
KISI-KISI TES KETERAMPILAN
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK KERJA
|
NO SOAL
|
Keterampilan
|
Teks ulasan
|
4.2.1 Membuat kerangka teks sesuai dengan struktur
teks ulasan
|
1. Buatlah kerangka teks sesuai dengan struktur
teks ulasan
|
||
4.2.2 Menulis teks ulasan dengan memperhatikan pilihan kata,
kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan
tentang teks ulasan
novel
4.2.3 Mengomunikasikan hasil novel yang telah diulas
|
2. buatlah teks ulasan dengan memperhatikan pilihan kata,
kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan
tentang teks ulasan
novel
|
|
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSORAN
ASPEK
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kelengkapan struktur (judul,
identitas, rientasi, sinopsis, analisis, evaluasi, dan rekomendasi)
|
-
|
Tiga unsur struktur terpenuhi
|
Tiga unsur struktur terpenuhi
|
Hanya satu unsur terpenuhi
|
Ketepatan isi pada setiap struktur
|
Semua gambaran umum objek,
gambaran rincian objek pada setiap bagian struktur teks tepat.
|
Terdapat satu bagian gambaran umum
dan rincian objeknya tidak tepat.
|
Terdapat dua bagian struktur yang
gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
|
Semua bagian struktur yang
gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
Penggunaan kata emotif, kata depan
di dan ke, dan konjungsi tepat
|
Terdapat satu penggunaan unsur
bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat dua penggunaan unsur
bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat tiga penggunaan unsur
bahasa yang tidak tepat
|
Kreativitas penggunaan bahasa
|
Terdapat empat atau lebih kekhasan
dalam penggunaan diksi
|
Terdapat tiga atau lebih kekhasan
dalam penggunaan diksi
|
Terdapat dua atau lebih kekhasan
dalam penggunaan diksi
|
Terdapat satu atau lebih kekhasan
dalam penggunaan diksi
|
Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka
seluruh aspek
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 3)
Nama Peserta
didik/Kelomok :
................................................................
Kelas/Kelompok
:
................................................................
Membuat kerangka teks sesuai
dengan struktur teks ulasan dan Menulis teks ulasan dengan memperhatikan
pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan
tentang novel yang telah dibaca.
NO.
|
HAL
|
HASIL
|
1.
|
Kerangka teks sesuai dengan
struktur teks ulasan
|
|
2.
|
Menulis teks ulasan
dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah
penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang novel yang telah dibaca.
|
Mengetahui,
Kepala SMP ……………………………,
………………………………
NIP
…………………………
|
………………….,
Januari 2019
Guru Mata Pelajaran,
………………………………..
NIP
…………………………..
|
Teks Ulasan Novel
TekS 1
Teks Ulasan Novel Sang Pemimpi
Orientasi:
Sang
Pemimpi adalah novel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
Novel ini berkisah tentang kehidupannya di Pulau Belitong yang serba kesusahan.
Ada 3 orang pemuda SMA yang bermimpi untuk menyambung sekolah sampai ke Prancis
menjelajah Eropa sampai ke Afrika. Ikal, Arai, dan Jimbron adalah para
pemimpi-pemimpi tersebut.
Tafsiran:
Pada
bab pertama buku ini, Andrea menceritakan tentang dirinya (dalam novel ini
digambarkan sebagai Ikal) dan 2 temannya, Arai dan Jimbron adalah tiga remaja
yang nakal.
Mereka
sangat dibenci oleh Pak Mustar, tokoh antagonis dalam buku ini. Dia seorang
Wakil Kepala SMA Bukan Main itu. Namun, berbeda dengan sang Kepala Sekolah yang
bernama Pak Balia. Ia adalah cermin guru teladan. Pak Belialah yang telah
memberikan mimpi-mimpi kepada murid-muridnya terutama kepada Ikal, Arai dan
Jimbron.
Pada
bab-bab berikutnya pembaca akan melihat potongan-potongan kisah seperti berdiri
sendiri. Andrea hanya membuat cerpen-cerpen dalam satu buku. Meskipun demikian,
pada setiap bab, mulai awal hingga akhir, buku ini memiliki hubungan yang
sangat erat, seperti mozaik-mozaik dalam kehidupan.
Evaluasi:
Novel
yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga
pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan kesedihan.
Selain
itu, buku ini memiliki lelucon-lelucon yang tidak biasa, cerdas, dan pasti akan
membuat pembaca tertawa. Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui bahwa
Andrea Hirata memiliki pribadi yang cerdas dalam mengolah kata-kata dan
memiliki wawasan yang sangat luas.
Meskipun
disebut sebagai buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi, di buku ini nyaris
tidak ada hubungannya dengan buku Laskar Pelangi.
Sang
Pemimpi hanya menyebutkan kata Laskar Pelangi hanya sekali. Keponakan yang Ikal
biayai saat di Jawa juga tidak disebut sama sekali dalam buku ini, padahal di
Novel sebelumnya telah diceritakan dengan jelas.
Rangkuman:
Dengan
mengesampingkan beberapa kekurangan tadi, novel ini benar-benar buku yang
sangat dibutuhkan oleh remaja negeri ini. Buku ini memberi motivasi, semangat,
dan mimpi pada anak-anak yang patah semangat supaya sekolah dan melanjutkan ke
pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, buku ini juga mengajarkan tentang
ketidakmungkinan yang bisa diwujudkan dengan kerja keras.
Teks 2
Novel HUJAN karya Tere Liye
Orientasi
Hujan
merupakan novel karya Tere Liye yang bercerita mengenai keinginan seorang tokoh
utama yaitu Lail yang berniat menghapus memori mengenai seseorang. Lail
kemudian meminta bantuan Elijah. Lail memikirkan alasan kenapa dirinya harus
menghapus memori itu, dan dia pun menceritakan kepada Elijah.
Tafsiran
Laik
(gadis 13 tahun) menjadi yatim piatu karena bencana alam gempa bumi dari gunung
purba sehingga menyebabkan tsunami di belahan bumi lain. Disaat bencana
tersebut, dia jadi bertemu dengan sosok lelaki bernama Esok yang menarik tas
punggungnya sehingga dia tidak jadi tergelincir ke dalam lorong kereta bawah
tanah.
Keduanya
kemudian terjebak dalam kisah cinta selama pengungsian. Dimana keduanya selalu
bersama, uniknya keduanya mempunyai cara yang “santun” dalam menjaga hati
sehingga percintaan mereka terlihat tidak biasa.
Maryam,
sahabat setia Lail, mereka bertemu setelah masa pengungsian dan mereka pindah
ke panti. Hubungan kedua sahabat ini sangat akrab, Maryam mengetahui bahwa
hubungan Esok dan Lail lebih dari sekedar cinta biasa. Karakter Lail yang
introvert, membuatnya tidak marah ketika Maryam menggoda hubungan keduanya.
Diceritakan
bahwa bencana alam yang terjadi itu hanyalah permulaan. Kemudian setelah itu
terjadi musim dingin yang berkepanjangan. Daerah sub-tropis pun bisa turun
salju dan hal itu membuat pemerintah meluncurkan sebuah pesawat ulang-alik
dengan upaya mengembalikan iklim keadaan semula. Namun, ada efek jangka panjang
yang harus diterima penduduk bumi.
Evaluasi
Novel
hujan ini ditampilkan dengan bahasa yang bisa “menyihir” para pembaca sehingga
memaksa pembaca merasakan rasa “tegar”ketika ditimpa beberapa masalah,
melangkah maju ketika ada masalah berat, dan merasakan jatuh cinta.
Rindu
bertemu pasangan dan berjumpa kembali setelah sekian lama tidak berjumpa serta
cemburu. Seseorang yang sedang remaja atau sudah melewati masa itu mungkin akan
tersenyum mengetahui tingkah Lail. Imajinasi akan dibuat terbang oleh novel
ini.
Rangkuman
Novel
hujan memang tidak biasa. Tema yang di ulas tidak seperti novel tema romantis
kebanyakan. Bukan hanya membahas mengenai percintaan, tetapi juga terdapat
beberapa hal ilmiah.
Novel
yang menceritakan tentang kepastian yang tidak pasti dan kabar yang tidak
pernah dikabarkan. Membuat sepasang insan yang sedang merasakan cinta menunggu
untuk saling mengungkapkan cintanya.
Teks 3
Teks Ulasan Novel \Surat Untukmu
Sahabat
Identitas
Novel:
- Judul novel: Surat untukmu Sahabat
- Penulis: Bunga Riska Nizam
- Penerbit: Aletta Pictures
- Jenis buku: Fiksi
- Tahun terbit: 2013 (cetakan ke-5)
- Tempat terbit: Jakarta
- Ukuran novel: 13 cm x 19 cm
- Tebal halaman: 120 halaman
- Harga buku: Rp. 40.000,00
Orientasi:
Novel
ini merupakan karya Bunga R. Nizam yang bercerita mengenai surat terakhir untuk
sahabat. Dia bernama Keke. Ketika itu, terakhir kalinya Andini, Fachda, Dinda,
Ida, dan Maya merayakan ulang tahun Keke. Saat dia dinyatakan bebas dari kanker
yang menggerogoti tubuhnya.
Berselang
waktu, semuanya menjadi terasa baru. Setelah tiga tahun bersama di SMP
Al-Kamal, alhasil tahun ini mereka ber-enam tidak lagi duduk di sekolah yang
sama. Berpisah sekolah bukan berarti kami kehilangan arah dalam persahabatan
yang telah kami bangun sejak SMP dulu.
Tafsiran:
Ketika
itu, Keke tidak lagi mampu menahan kesedihannya ketika ia menyaksikan rambutnya
memenuhi genggaman tangan. Hal ini menunjukkan bahwa kami juga merasakannya.
Ketika itu, kami kehilangan seorang sahabat akhir tahun lalu di tanggal 25
Desember 2006, berat untuk membayangkan.
Hari
ini kami ber-lima akan berkumpul dan bertemu di pemakaman Keke pukul 16.00
sore. Syifa kebagian membawa kue ultah, Ida menyiapkan lilin, sementara yang
lain menyiapkan kebutuhan berziarah seperti payung, bunga, dan air.
Selain
kami ber-lima, ziarah juga dilakukan oleh Kak Kiki, Kak Cika, dan Pak Jody.
Hari ini, Ida yang paling awal sampai ditempat sempat melihat ibu kandung Keke
berziarah dan menangis di pusaranya.
Ida
menyaksikan pemandangan yang mengharukan karena saat menceritakan hal tersebut
saja matanya ikut berkaca-kaca. Tanpa terasa satu jam telah berlalu dan kami
masih berada di pusara Keke.
Bercerita
mengenai suatu hari, ketika Keke masih dirawat di rumah sakit. Menurut Kak
Cika, setelah kami pergi pamit untuk sholat maghrib, keke sempat membuka mata
dan menyampaikan pesannya meski tidak bisa diucapkan dalam bahasa lisan yang
jelas.
Keke
memainkan jarinya membentuk angka satu dan empat. Pak Jodi sempat memberikan
secarik kertas dan pena yang akhirnya menjadi pesan terakhir yang Keke
sampaikan.
Tidak
lama setelah itu, Keke berpulang ke hadapan Illahi. Kami tidak ada disisinya
ketika Keke pergi karena sedang berdoa bersama meminta yang terbaik untuk Keke.
Akhirnya kami ber-enam berkumpul bersama. Hari natal dipilih karena waktu
inilah diliburkan dari segala aktivitas. Apalagi Dinda yang sudah siap
bergabung untuk membaca surat dari Keke yang baru dibaca sepeninggal nya.
Dengan
seluruh yang bercampur di dalam dada, kami terdiam dan berusaha membuka telinga
lebar-lebar. Setelah membaca surat Keke, kami semua akhirnya “merenovasi” semua
harapan dan mencoba menyisipkan permohonan di dalam segala hal yang kami capai
Evaluasi:
Kekurangan:
Terdapat
beberapa penulisan yang salah, serta penulisan yang kurang menarik dan susah
untuk dimengerti. Sedangkan, kelemahan yang dimiliki novel ini diantaranya
kata-kata pengemis yang kadang kala membuat para pembaca berimajinasi lain dalam
menafsirkan dan kata kiasan “pengemis”.
Kelebihan:
Novel
ini bisa membuat pembaca “terhanyut” dalam cerita yang diceritakan. Apalagi
tema yang diangkat yaitu tentang persahabatan sangatlah bagus untuk bahan
pembelajaran kehidupan. Kosakata yang digunakan juga bisa membuat pembaca larut
dalam cerita dan akhirnya pembaca lebih mudah memahami isi novel tersebut.
Rangkuman:
Namun
dengan mengesampingkan kekurangan novel tersebut, kisah yang diangkat
mengajarkan tentang arti persahabatan yang sebenarnya. Dan novel ini juga
sangat cocok untuk para remaja Indonesia. Karena terdapat berbagai macam makna
yang bisa mendatangkan motivasi untuk diri sendiri agar mudah bersahabat dan
setia.
Teks 4
EMAK DAN
SEPOTONG ROTI
Karya.
Caswati
Emak dan Sepotong Roti merupakan
salah satu judul hasil karya sastra Caswati, yang berupa cerpen. Cerpen
karangan mahasiswi jurusan satra di UGM ini menceritakan tentang kisah
perjuangan seorang Emak dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Ia rela melakukan
pekerjaan berat demi menyekolahkan kedua putinya, Dani dan Dina. Cerpen
tersebut dikarangnya saat mengikuti lomba dalam rangka bulan bahasa dan sastra
yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional Pusat Balai Bahasa
Yogyakarta pada tahun 2007.
Cerita dalam cerpen ini diawali
dengan peristiwa kemarau berkepanjangan yang melanda sebuah desa. Kemarau itu
mengakibatkan lahan persawahan dan sungai sumber mata air penduduk desa
mengering. Keadaan itu membuat sebagian warga meninggalkan sungai tersebut.
Namun beda halnya dengan Emak, ia justru sering mendatangi sungai itu untuk
mengumpulkan batu. Sejak suaminya meninggal empat tahun yang lalu, ia harus
melakukan pekerjaan-pekerjaan kasar demi menyambung hidupnya dan menyekolahkan
kedua putrinya, Dani dan Dina. Ia tidak ingin anaknya bernasib sama sepertinya
Tapi Emak sedikit beruntung, karena Dani, putri sulungnya selalu membantunya, meski hanya di hari minggu saja, sebab sore hari ia baru pulang sekolah. Namun suatu hari minggu, saat Dani hendak membantu, tidak seperti biasanya, Emak menolak bantuaanya dan menyuruhya untuk pulang. Meski merasa agak aneh, Dani dan Dina bergegas pergi meninggalkan Emak. Tapi belum lama melangkah, mereka mendengar suara jeritan Emak yang tangan kirinya penuh dengan darah akibat terkena palu. Sejak saat itu, Emak tak lagi bisa bekerja dan jadi sangat pendiam. Dani ingin membawa Emak berobat dengan uang sisa hasil penjualan batu, namun Emak selau menolak. Dani pun menuruti kata Emak, ia merawatnya dengan penuh kasih sayang.
Suatu hari saat Dani berulang tahun, Emak memberinya kejutan sebuah roti tart yang sederhana. Sebelumnya Emak berkata pada Dina agar memberitahu Dani untuk membangunkannya setelah dia pulang. Dani pun langsung membangunkan Emaknya. Namun Emak tak bangun juga. Wajah pucat Emak membuat Dani tersadar kalau ia baru saja kehilangan sesuatu yang sangat berharga. Sementara Dina hanya memandangi keduanya dengan wajah polosnya.
Tapi Emak sedikit beruntung, karena Dani, putri sulungnya selalu membantunya, meski hanya di hari minggu saja, sebab sore hari ia baru pulang sekolah. Namun suatu hari minggu, saat Dani hendak membantu, tidak seperti biasanya, Emak menolak bantuaanya dan menyuruhya untuk pulang. Meski merasa agak aneh, Dani dan Dina bergegas pergi meninggalkan Emak. Tapi belum lama melangkah, mereka mendengar suara jeritan Emak yang tangan kirinya penuh dengan darah akibat terkena palu. Sejak saat itu, Emak tak lagi bisa bekerja dan jadi sangat pendiam. Dani ingin membawa Emak berobat dengan uang sisa hasil penjualan batu, namun Emak selau menolak. Dani pun menuruti kata Emak, ia merawatnya dengan penuh kasih sayang.
Suatu hari saat Dani berulang tahun, Emak memberinya kejutan sebuah roti tart yang sederhana. Sebelumnya Emak berkata pada Dina agar memberitahu Dani untuk membangunkannya setelah dia pulang. Dani pun langsung membangunkan Emaknya. Namun Emak tak bangun juga. Wajah pucat Emak membuat Dani tersadar kalau ia baru saja kehilangan sesuatu yang sangat berharga. Sementara Dina hanya memandangi keduanya dengan wajah polosnya.
Cerpen karangan gadis kelahiran 23
September 1989 ini tersusun sangat runtut, sehingga pembaca lebih mudah memhami
isinya. Selain itu, kosakata yang digunakan dapat membuat pembaca terlarut
dalam cerita. Serta, alu ceritanya yang unik dan berbeda dengan cerpen-cerpen
zaman sekarang yang biasanya berisi tentang kisah cinta remaja.
Namun sayangnya, ada beberapa kata yang tak baku dalam cerpen tersebut. Seperti kata gedheg yang seharusnya diganti dengan kata lain dalam bahasa Indonesia yang memiliki arti sama. Sebab, tidak semua pembaca mengetahui apa arti kata tersebut, dan pasti akan terasa lebih enak dibaca.
Namun sayangnya, ada beberapa kata yang tak baku dalam cerpen tersebut. Seperti kata gedheg yang seharusnya diganti dengan kata lain dalam bahasa Indonesia yang memiliki arti sama. Sebab, tidak semua pembaca mengetahui apa arti kata tersebut, dan pasti akan terasa lebih enak dibaca.
Tetapi, dengan mengesampingkan
kekurangan tersebut, cerpen ini sangatlah cocok untuk remaja Indonesia. Sebab,
di dalamnya terkandung banyak pesan yang bermakna, yang dapat memotivasi kita
agar semangat menjalani hidup, bersyukur atas segala pemberiaan Tuhan, berbakti
kepada orang tua, dan bekerja keras untuk mewujudkan sesuatu yang kita
inginkan.
Teks 5
SURAT KECIL
UNTUK TUHAN
Karya. Agnes Danovar
Surat Kecil untuk Tuhan merupakan
salah satu judul hasil karya sastra Agnes Danovar, yang berupa novel. Novel ini
mengisahkan ulang cerita pilu seorang gadis bernama Keke atau Gita Sesa Wanda
Cantika. Ia terkena penyakit yang terbilang langka bernama Rabdosmiosarkoma
atau yang dalam bahasa awam dikenal dengan nama kanker jaringan lunak. Keke
sendiri merupakan pasien pertama di Indonesia yang terdeteksi terkena penyakit
tersebut. Hal ini yang menjadikan kisahnya sangat menggugah.
Novel ini menceritakan Keke, seorang
gadis yang cukup beruntung, karena lahir dari keluarga yang sangat berada,
memiliki dua orang kakak laki-laki yang bernama Chika dan Kiki, orang tua yang
sangat menyayanginya walau sudah bercerai, dan juga Pak Yus, ajudan sang Ayah.
Selain itu Keke juga dikelilingi enam sahabat karib yang selalu setia
menemaninya dan hidupnya pun semakin lengkap dengan kehadiran seorang kekasih yang
juga begitu menyayanginya, yaitu Andy. Pada tahun 2003 kanker Rhabdomyosarcoma
menghinggapinya, Keke merupakan pengidap pertama di Indonesia. Gadis cantik itu
pun berubah menjadi "monster" hingga terpaksa harus menjalani
serangkaian kemoterapi dan radiasi hampir setahun lamanya, akibatnya, semua
rambut Keke sedikit demi sedikit mulai rontok, kulitnya mengering, dan sering
mual-mual. Ketekunan Keke dan keluarganya membuahkan hasil. Keke dinyatakan
sembuh dan bisa kembali menjalani aktivitas seperti sedia kala.
Setahun kemudian yaitu pada tahun 2004, kanker itu kembali, lebih parah dan mematikan. Meskipun sudah ditolak di rumah sakit mana-mana, ayah Keke tidak pernah sekali pun menyerah untuk menyembuhkan anaknya. Meskipun ratusan dokter memprediksi bahwa hidup Keke tidak akan lebih dari tiga bulan, Keke berhasil bertahan untuk lebih dari setahun. Meskipun pada akhirnya, Keke harus menerima kenyataan bahwa ia memang tidak dapat disembuhkan karena kanker itu sudah terlalu menyebar. Keke meninggal dunia pada tanggal 25 Desember 2006
Setahun kemudian yaitu pada tahun 2004, kanker itu kembali, lebih parah dan mematikan. Meskipun sudah ditolak di rumah sakit mana-mana, ayah Keke tidak pernah sekali pun menyerah untuk menyembuhkan anaknya. Meskipun ratusan dokter memprediksi bahwa hidup Keke tidak akan lebih dari tiga bulan, Keke berhasil bertahan untuk lebih dari setahun. Meskipun pada akhirnya, Keke harus menerima kenyataan bahwa ia memang tidak dapat disembuhkan karena kanker itu sudah terlalu menyebar. Keke meninggal dunia pada tanggal 25 Desember 2006
Kelebihan dari novel karya Agnes
Danovar ini adalah dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang
diceritakan. Kelebihan lainnya adalah ini adalah kisah yang diangkat dari
kehidupan nyata dan sangat menyentuh. Novel ini juga mengajarkan kita agar
ikhlas dan tabah menerima cobaan dari Allah dan yakin setiap cobaan pasti ada
jalan keluarnya.
Namun sayangnya masih ada penulisan yang salah dan juga ada penulisan yang kurang menarik dan sulit dimengerti. Sedangkan kelemahan yang dimiliki novel ini, di antaranya kata-kata penulis yang kadang membuat pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan kata-kata kiasan penulis.
Namun sayangnya masih ada penulisan yang salah dan juga ada penulisan yang kurang menarik dan sulit dimengerti. Sedangkan kelemahan yang dimiliki novel ini, di antaranya kata-kata penulis yang kadang membuat pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan kata-kata kiasan penulis.
Tetapi, dengan mengesampingkan
kekurangan novel tersebut, cerpen ini yang mengajarkan kita tentang arti
kehidupan yang sebenarnya. Dalam menghadapi sebuah cobaan seberat
apapun itu, kita harus tetap berusaha untuk bangkit dan tak menyerah.
Teks 6
Marmu Merah Jambu
Judul
: Marmut Merah
Jambu
Pengarang :
Raditya Dika
Tahun terbit
: Juni 2010
Penerbit
: Bukune
Jumlah halaman : 222 halaman
Kategori
: Nonfiksi-komedi
Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun
2014 bergenre drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi oleh Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika
yang berjudul sama. Film
keempat karya Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu
sukses menduduki peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
Marmut Merah Jambu ini berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta
pertamanya ketika masa SMA, dengan perempuan bernama Ina
Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus
yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga
persahabatannya dengan Cindy.
Suatu hari Dika bertemu
dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan
usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat
bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga
bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA.
Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus di masa lalunya yang belum
selesai hingga dia dewasa. Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu pula
dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana?
Kelebihan film
ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami
dan alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya memiliki warna
yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa
bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik.
Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan
yang mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang
sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para
penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri
masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap
memberikan hal yang bagus dan menarik.
Teks Ulasan Film
Teks 7
Film Singkat (Sang Pemimpi)
Informasi
umum:
- Judul: Sang Pemimpi
- Sutradara: Riri Riza
- Produser: Mira Lesmana
- Penulis: Salma Aristo, Riri Riza , Mira Lesmana
- Musik: Said Effendi
- Distributor: Miles film dan Mizan Production
- Rilis: 17 desember 2009
- Durasi: 120 menit
- Bahasa: Indonesia
- Anggaran: Rp 11 miliar
- Prekuel: Laskar Pelangi
- Sekuel: Edensor
Pemain
:
- Vikri Setiawan sebagai Ikal remaja.
- Lukman Sardi sebagai Ikal dewasa (juga dalam Laskar Pelangi).
- Zulfanny memerankan Ikal kecil (juga dalam Laskar Pelangi)
- Rendy Ahmad sebagai Arai remaja.
- Nazriel Ilham (Ariel “NOAH”) sebagai Arai dewasa.
- Sandy Pranatha sebagai Arai kecil.
- Azwir Fitrianto sebagai Jimbron remaja.
- Mathias Muchus sebagai Seman Said Harun, Ayah Ikal (juga dalam Laskar Pelangi).
- Rieke Diah Pitaloka sebagai Ibu Ikal (juga dalam Laskar Pelangi).
- Nugie sebagai Pak Balia, seorang guru muda pengajar sastra yang inspiratif
- Landung Simatupang sebagai Pak Mustar, kepala sekolah yang keras dan galak.
- Maudy Ayunda sebagai Zakiah Nurmala, gadis Melayu nan cantik
- Yayu Unru sebagai Bang Rokib, pelaut Melayu yang berpengalaman.
- Jay Wijayanto sebagai Bang Zaitun, pemusik Melayu lokal yang lihai soal asmara.
Orientasi 1:
Sang Pemimpi merupakan sebuah film
Indonesia (th 2009) yang diadaptasi dari tetralogi novel Laskar Pelangi kedua,
Sang Pemimpi, karya Andrea Hirata. Film ini merupakan sekuel dari film Laskar
Pelangi yang bercerita mengenai kehidupannya di Belitong disaat dia SMA.
Orientasi 2:
Tiga tokoh utama di film Sang
Pemimpi yaitu Ikal, Arai, dan Jimbron. Ikal ialah Andrea Hirata sendiri, Arai
merupakan saudara jauhnya yang menjadi yatim piatu saat masih kecil. Arai disebut
sebagai simpai karena dia merupakan orang terakhir yang masih
hidup di keluarganya, dan dia diangkat menjadi anak oleh ayah Ikal.
Jimbron adalah teman Ikal dan Arai
yang sangat ter-obsesi dengan kuda dan gagap ketika sedang antusias dengan
sesuatu maupun ketika gugup. Ketiga orang ini melalui kisah persahabatan
semenjak kecil sampai mereka bersekolah di SMA Negeri Manggar, SMA Negeri
pertama yang ada di Belitong.
Tafsiran
Isi 1:
Untuk
memenuhi kebutuhan hidup, Ikal dan Arai mesti bekerja sebagai kuli di pelabuhan
ikan saat dini hari lalu pergi ke sekolah setelah menyelesaikan pekerjaan.
Meskipun begitu, mereka tetap giat belajar sehingga selalu menduduki peringkat
5 teratas dari 160 murid di sekolah. Sekolah mereka berada 30 km dari rumah
Ikal dan Arai sehingga keduanya harus menyewa kamar dan jauh dari orang tua.
Tafsiran Isi 2:
Andrea
Hirata di bukunya menceritakan bahwa Iklan dan kedua temannya merupakan remaja
yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, Kepala Sekolah SMA Negeri
Manggar tersebut. Tetapi lain halnya dengan guru bernama Pak Balia, dialah yang
memberikan mimpi-mimpi untuk muridnya. Khususnya kepada Ikal, Arai dan Jimbron.
Tafsiran Isi 3:
Di
Film Sang Pemimpi, saat SMA banyak kenakalan yang dilakukan oleh Arai dan Akal.
Mereka pernah mengejek Pak Mustar ketika upacara bendera hingga Pak Mustar
marah. Mereka juga pernah menyusup ke bioskop, padahal tidak diizinkan oleh
sekolah untuk masuk dan menonton film dewasa tersebut. Pak Mustar yang
mengetahui hal itu memberi hukuman kepada Ikal dan Arai keesokan harinya.
Tafsiran Isi 4:
Film
ini memiliki kelebihan yaitu menceritakan persahabatan dan rasa setia kawan
yang baik sekaligus mencakup arti pentingnya pendidikan, kisahnya pun sangat
mengharukan. Hidup mandiri dan terpisah dari orang tua dengan kondisi ekonomi
yang sangat terbatas tetapi memiliki cita-cita yang tinggi.
Tafsiran Isi 5:
Yang
disayangkan bahwa alur cerita di dalam film ini tidak jelas karena waktunya
dibolak-balik sehingga ceritanya membuat bingung penonton.
Evaluasi:
Film
ini sangat memotivasi para pelajar terutama pelajar SMA, kisah yang mengharukan
tetapi menyenangkan ketika dilihat, sekaligus bercerita mengenai persahabatan
dan rasa setia kawan yang bagus, dan juga menyadarkan pentingnya pendidikan
yang dijelaskan begitu dalam. Banyak juga kejadian lucu yang menarik untuk
penontonnya. Penonton film Sang Pemimpi mencapai 2 juta lebih penonton dan
menjadi film terlaris sepanjang masa, film ini dapat dilihat oleh semua
kalangan.
Rangkuman:
Hikmah
dan pelajaran yang bisa diambil dari film ini bahwa sifat pantang menyerah dan
terus semangat bisa mengalahkan segala ketidakmungkinan selama kita mau
berusaha semaksimal mungkin, sekaligus rasa setia, saling percaya, dan saling
menjaga merupakan kuncul dari menjalin hubungan yang sejati dengan sahabat. Dan
mimpi merupakan hal yang sangat penting, karena mimpi adalah anak tangga
pertama untuk mencapai kesuksesan.
Teks 8
Teks Ulasan Film 5 CM
Judul
Film : 5 cm.
Sutradara
: Rizal Mantovani
Penulis
: Donny Dhirgantoro
Pemeran
: Herjunot Ali, Ferdi Nuril,
Saykoji, Raline Shah, Pevita Perace, Deni Sumargo
Produksi
: RAM SORAYA
Didalam
film 5cm ini, berkisah tentang kisah persahabatan 5 orang remaja yang bernama
Arial (Deni Sumargo), Genta (Ferdi Nuril), Ian (Saykoji), Riani (Raline Shah),
Zafran (Herjunot Ali). Film ini juga tak lupa menampilkan sudut-sudut keindahan
Negeri kita tercinta, Indonesia. Yaitu diantaranya pesona Puncak Mahameru,
Danau Ranu Kumbolo, Tanjakan Cinta, dll.
Si
Penulis film ini, Donny Dhirgantoro mempunyai tujuan untuk menunjukkan kepada
para penonton bahwa persahabatan tidak hanya sekadar, berkumpul setiap minggu,
makan dan nongkrong di tempat yang dianggap “hitz” , tertawa
sekencang-kencangnya, tetapi juga persahabatan yang tetap terjalin walaupun
tidak tegur sapa selama kurang lebih 3 bulan.
Selain
bercerita tentang persahabatan, film ini juga menunjukkan kebersamaan diantara
1 orang dengan yang lain.Cerita tentang persahabatan ini jarang dipilih sebagai
tema dalam semua film karena banyak orang yang menganggap terlalu biasa.
Namun,
sang sutradara berhasil mengolahnya menjadi hal yang tidak hanya sekadar biasa,
tetapi luar biasa. Beberapa adegan ditampilkan melalui kesan humoris seperti
pada adegan Arial (Deni Sumargo) dan Ian (Saykoji) yang mengganti nama penyair
terkenal Khalil Gibran menjadi Khalil Zafran dengan sajaknya Sayap-Sayap Patah
diganti menjadi Sayap-Sayap Ayam.
Film
yang cocok ditonton tidak hanya kaum remaja tapi juga orang tua ini menggunakan
bahasa yang bisa dibilang santai dan mudah dipahami.
Selain
bahasa yang mudah dipahami, para pemain pun juga bermain dengan baik dan sangat
menghayati setiap adegan yang mereka mainkan sehingga karakter dari setiap
pemain benar-benar terlihat.
Seperti
pada adegan di atas mobil pick-up dimana mereka membacakan “mantra”
sebelum melakukan pendakian di puncak mahameru, betapa mereka sangat menghayati
peran sehingga semua itu terlihat nyata bukan rekayasa akting.
Namun,
terdapat beberapa kekurangan dalam film ini diantaranya adalah dimana ada
beberapa adegan yang terlihat “khayal” – tidak nyata. Seperti salah satunya
dalam adegan saat di jalur pendakian dan terdapat hujan batu dari puncak dimana
hampir semua pemain terkena batu dan yang terparah, Ian (Saykoji) memiliki
banyak luka dan jika kita berfikir secara logis kejadian seperti itu bisa
menyebabkan kematian karena sangat mengerikan dan di dalam film tersebut Ian
(Saykoji) ternyata hanya pingsan.
Selain
itu, hal-hal yang terlihat khayal juga terdapat di poster dan vcd film dimana
mereka ber 6- ditambah adik perempuan Arial (Deni Sumargo) yang diperankan oleh
Pevita Pearce dan berperan sebagai Dinda. Di dalam poster dan vcd film
itu mereka terlihat seperti mendaki di atas awan, semua itu terlihat sangat khayal
dimana sang desainer nya memberikan ilustrasi awan yang terlihat sangat palsu.
Walaupun
sebenarnya saat di film memang mereka berada di atas awan. Dimana mimpi-mimpi
digantung, setinggi awan, setinggi tekad yang kita tancapkan dalam diri untuk
mencapai suatu hal yang sangat diidamkan.
Dan
ada juga yang tidak sesuai dengan tema utama yaitu persahabatan, disini juga
terdapat beberapa bagian tentang kisah cinta anak jaman sekarang. Dan ending
yang sangat mengagetkan dan sangat beda dengan pemikiran para penonton.
Di
awal cerita terdapat narasi yang mengatakan secara tidak langsung bahwa Genta
(Ferdi Nuril) dan Riani (Raline Shah) terlihat saling menyukai dan didukung
dengan adegan saat di Mahameru dimana mereka berdua sering tertangkap kamera
saling mencuri pandang. Sedangkan, Zafran (Herjunot Ali) terlihat menyukai
Dinda (Pevita Pearce) dan Dinda pun begitu. Namun, pada akhirnya ternyata
berkebalikan yaitu, Genta (Ferdi Nuril) ternyata menyukai Dinda (Pevita Pearce)
dan begitupun Zafran (Herjunot Ali) menyukai Riani (Raline Shah).
Semua
penonton dari awal kebanyakan sudah berpikiran bahwa pemeran utama film ini
adalah Genta (Ferdi Nuril), namun ternyata bukan Genta (Ferdi Nuril) melainkan
Zafran (Herjunot Ali). Kebanyakan penonton tidak memperhatikan di awal bahwa
yang membaca narasi adalah Zafran (Herjunot Ali).
Namun,
secara keseluruhan film ini bagus dan sangat menarik terbukti dengan begitu
banyak penonton yang antusias setiap kali menonton film ini walaupun sudah
diputar beberapa kali. Sebuah karya yang mengedepankan tentang persahabatan dan
percintaan menjadi nomor kesekian.
Teks 9
Teks Ulasan Film Laskar Pelangi
Orientasi:
Keterbatasan
yang ada tidak memuat anggota Laskar Pelangi putus asa, tetapi malah membuat
mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.Cerita terjadi di
desa Gantung, Belitung Timur yang dimulai ketika SD Muhammadiyyah terancam akan
dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jika tidak melebihi 10 anak. Saat penutupan
sekolah karena jumlahnya hanya 9, Harun dan Ibunya datang dan mendaftarkan diri
ke sekolah itu.
Tafsiran:
Dari
sanalah cerita dimulai. Mereka, Laskar Pelangi, nama yang diberikan Bu Muslimah
akan kesenangan mereka terhadap pelangi sempat mengharumkan nama sekolah dengan
berbagai cara.
Novel
ini sangat bermanfaat bagi para remaja. Kelebihan novel ini antar lain, berisi
motivasi dan amanat-amanat yang dapat diambil dari kisah tersebut. Naskah
Laskar Pelangi telah diadaptasi menjadi sebuah film berjudul sama dengan
novelnya.
Evaluasi:
Anggota
Laskar Pelangi mempunyai karakter dan bakat yang berbeda-beda. Ikal adalh tokoh
“ aku “ dalam cerita ini. Lintang, teman sebangku Ikal, adalah anak yang luar
biasa jenius.
Sahara
adalah satu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi yang memiliki sikap
keras kepala dan berpendirian kuat yang sangat patuh kepada agama.
Mahar,
pria tampan bertubuh kurus ini, memiliki bakat dan minat besar pada seni. A
Kiong adalah keturunan Tionghoa dan pengikut sejati Mahar sejak kelas satu.
Syahdan
adalah anak nelayan yang dalam cerita ini tak pernah menonjol. Kucai adalah
ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi. Borek adalah pia besar
maniak otot. Harun adalah pria yang memiliki keterbelakangan mental.
Tokoh
lain dalam novel ini adalah Bu Muslimah, Ibunda Guru bagi Laskar Pelangi. Pak
Harfan, kepala sekolah dari sekolah Muhammadiyyah. Flo, adalah seorang anak
tomboi yang berasal dari keluarga kaya. A Ling adalah cinta pertama Ikal yang
merupakan sepupu A Kiong.
Rangkuman:
Novel
Laskar Pelangi yang ditulis Andrea Hirata, tidak hanya populer di Indonesia,
tetapi juga di luar Indonesia, hingga ke Amerika Serikat dan mendapatkan
penghargaan penerbit para pemenang nobel sastra.
Teks Ulasan Novel Sang Pemimpi
Orientasi:
Sang
Pemimpi adalah novel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
Novel ini berkisah tentang kehidupannya di Pulau Belitong yang serba kesusahan.
Ada 3 orang pemuda SMA yang bermimpi untuk menyambung sekolah sampai ke Prancis
menjelajah Eropa sampai ke Afrika. Ikal, Arai, dan Jimbron adalah para pemimpi-pemimpi
tersebut.
Tafsiran:
Pada
bab pertama buku ini, Andrea menceritakan tentang dirinya (dalam novel ini
digambarkan sebagai Ikal) dan 2 temannya, Arai dan Jimbron adalah tiga remaja
yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, tokoh antagonis dalam buku
ini. Dia seorang Wakil Kepala SMA Bukan Main itu. Namun, berbeda dengan sang
Kepala Sekolah yang bernama Pak Balia. Ia adalah cermin guru teladan. Pak
Belialah yang telah memberikan mimpi-mimpi kepada murid-muridnya terutama
kepada Ikal, Arai dan Jimbron.
Pada
bab-bab berikutnya pembaca akan melihat potongan-potongan kisah seperti berdiri
sendiri. Andrea hanya membuat cerpen-cerpen dalam satu buku. Meskipun demikian,
pada setiap bab, mulai awal hingga akhir, buku ini memiliki hubungan yang sangat
erat, seperti mozaik-mozaik dalam kehidupan.
Evaluasi:
Novel
yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga
pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan kesedihan.
Selain
itu, buku ini memiliki lelucon-lelucon yang tidak biasa, cerdas, dan pasti akan
membuat pembaca tertawa. Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui bahwa
Andrea Hirata memiliki pribadi yang cerdas dalam mengolah kata-kata dan
memiliki wawasan yang sangat luas.
Meskipun
disebut sebagai buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi, di buku ini nyaris
tidak ada hubungannya dengan buku Laskar Pelangi.
Sang
Pemimpi hanya menyebutkan kata Laskar Pelangi hanya sekali. Keponakan yang Ikal
biayai saat di Jawa juga tidak disebut sama sekali dalam buku ini, padahal di
Novel sebelumnya telah diceritakan dengan jelas.
Rangkuman:
Dengan
mengesampingkan beberapa kekurangan tadi, novel ini benar-benar buku yang
sangat dibutuhkan oleh remaja negeri ini. Buku ini memberi motivasi, semangat,
dan mimpi pada anak-anak yang patah semangat supaya sekolah dan melanjutkan ke
pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, buku ini juga mengajarkan tentang
ketidakmungkinan yang bisa diwujudkan dengan kerja keras.
Film Singkat (Sang Pemimpi)
Informasi
umum:
- Judul: Sang Pemimpi
- Sutradara: Riri Riza
- Produser: Mira Lesmana
- Penulis: Salma Aristo, Riri Riza , Mira Lesmana
- Musik: Said Effendi
- Distributor: Miles film dan Mizan Production
- Rilis: 17 desember 2009
- Durasi: 120 menit
- Bahasa: Indonesia
- Anggaran: Rp 11 miliar
- Prekuel: Laskar Pelangi
- Sekuel: Edensor
Pemain
:
- Vikri Setiawan sebagai Ikal remaja.
- Lukman Sardi sebagai Ikal dewasa (juga dalam Laskar Pelangi).
- Zulfanny memerankan Ikal kecil (juga dalam Laskar Pelangi)
- Rendy Ahmad sebagai Arai remaja.
- Nazriel Ilham (Ariel “NOAH”) sebagai Arai dewasa.
- Sandy Pranatha sebagai Arai kecil.
- Azwir Fitrianto sebagai Jimbron remaja.
- Mathias Muchus sebagai Seman Said Harun, Ayah Ikal (juga dalam Laskar Pelangi).
- Rieke Diah Pitaloka sebagai Ibu Ikal (juga dalam Laskar Pelangi).
- Nugie sebagai Pak Balia, seorang guru muda pengajar sastra yang inspiratif
- Landung Simatupang sebagai Pak Mustar, kepala sekolah yang keras dan galak.
- Maudy Ayunda sebagai Zakiah Nurmala, gadis Melayu nan cantik
- Yayu Unru sebagai Bang Rokib, pelaut Melayu yang berpengalaman.
- Jay Wijayanto sebagai Bang Zaitun, pemusik Melayu lokal yang lihai soal asmara.
Orientasi 1:
Sang Pemimpi merupakan sebuah film
Indonesia (th 2009) yang diadaptasi dari tetralogi novel Laskar Pelangi kedua,
Sang Pemimpi, karya Andrea Hirata. Film ini merupakan sekuel dari film Laskar
Pelangi yang bercerita mengenai kehidupannya di Belitong disaat dia SMA. Tiga
tokoh utama di film Sang Pemimpi yaitu Ikal, Arai, dan Jimbron. Ikal ialah
Andrea Hirata sendiri, Arai merupakan saudara jauhnya yang menjadi yatim piatu
saat masih kecil. Arai disebut sebagai simpai karena dia
merupakan orang terakhir yang masih hidup di keluarganya, dan dia diangkat menjadi
anak oleh ayah Ikal.
Jimbron adalah teman Ikal dan Arai
yang sangat ter-obsesi dengan kuda dan gagap ketika sedang antusias dengan
sesuatu maupun ketika gugup. Ketiga orang ini melalui kisah persahabatan
semenjak kecil sampai mereka bersekolah di SMA Negeri Manggar, SMA Negeri
pertama yang ada di Belitong.
Tafsiran
Isi 1:
Untuk memenuhi kebutuhan hidup, Ikal dan Arai mesti bekerja
sebagai kuli di pelabuhan ikan saat dini hari lalu pergi ke sekolah setelah
menyelesaikan pekerjaan. Meskipun begitu, mereka tetap giat belajar sehingga
selalu menduduki peringkat 5 teratas dari 160 murid di sekolah. Sekolah mereka
berada 30 km dari rumah Ikal dan Arai sehingga keduanya harus menyewa kamar dan
jauh dari orang tua.
Tafsiran Isi 2:
Andrea Hirata di bukunya menceritakan bahwa Iklan dan kedua
temannya merupakan remaja yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar,
Kepala Sekolah SMA Negeri Manggar tersebut. Tetapi lain halnya dengan guru
bernama Pak Balia, dialah yang memberikan mimpi-mimpi untuk muridnya. Khususnya
kepada Ikal, Arai dan Jimbron.
Tafsiran Isi 3:
Di Film Sang Pemimpi, saat SMA banyak kenakalan yang
dilakukan oleh Arai dan Akal. Mereka pernah mengejek Pak Mustar ketika upacara
bendera hingga Pak Mustar marah. Mereka juga pernah menyusup ke bioskop,
padahal tidak diizinkan oleh sekolah untuk masuk dan menonton film dewasa
tersebut. Pak Mustar yang mengetahui hal itu memberi hukuman kepada Ikal dan
Arai keesokan harinya.
Tafsiran Isi 4:
Film ini memiliki kelebihan yaitu menceritakan persahabatan
dan rasa setia kawan yang baik sekaligus mencakup arti pentingnya pendidikan,
kisahnya pun sangat mengharukan. Hidup mandiri dan terpisah dari orang tua
dengan kondisi ekonomi yang sangat terbatas tetapi memiliki cita-cita yang
tinggi.
Tafsiran Isi 5:
Yang disayangkan bahwa alur cerita di dalam film ini tidak
jelas karena waktunya dibolak-balik sehingga ceritanya membuat bingung
penonton.
Evaluasi:
Film ini sangat memotivasi para pelajar terutama pelajar
SMA, kisah yang mengharukan tetapi menyenangkan ketika dilihat, sekaligus
bercerita mengenai persahabatan dan rasa setia kawan yang bagus, dan juga
menyadarkan pentingnya pendidikan yang dijelaskan begitu dalam. Banyak juga
kejadian lucu yang menarik untuk penontonnya. Penonton film Sang Pemimpi
mencapai 2 juta lebih penonton dan menjadi film terlaris sepanjang masa, film
ini dapat dilihat oleh semua kalangan.
Rangkuman:
Hikmah dan pelajaran yang bisa diambil dari film ini bahwa
sifat pantang menyerah dan terus semangat bisa mengalahkan segala
ketidakmungkinan selama kita mau berusaha semaksimal mungkin, sekaligus rasa
setia, saling percaya, dan saling menjaga merupakan kuncul dari menjalin
hubungan yang sejati dengan sahabat. Dan mimpi merupakan hal yang sangat
penting, karena mimpi adalah anak tangga pertama untuk mencapai kesuksesan.
LAMPIRAN TEKS
Contoh Teks Eksplanasi Di Bidang Sosial.
Pengangguran
Pengangguran merupakan isu nasional bangsa Indonesia yang
hingga kini masih dalam proses menemukan solusi yang lebih baik dan efektif.
Seiring pergantian presiden, banyak sekali solusi-solusi yang sudah dilakukan
seperti pengadaan pelatihan untuk masyarakat umur produktif dan menggalakan
program usaha bagi daerah-daerah potensi. Namun pengangguran tetap meningkat
dari tahun ke tahun.
Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan adanya
pengangguran seperti pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak seimbang dengan jumlah
pencari kerja yang meningkat setiap tahun, kemampuan SDM yang belum memadai,
jumlah PHK yang tinggi, dan sebagainya. Adanya pengangguran yang meningkat ini
tentu saja memberikan dampak negatif. Dampak tersebut diantaranya adalah
meningkatnya kemiskinan dan kriminalitas serta semakin menurunnya tingkat
kesehatan.
Pengangguran bisa dikatakan sebagai salah satu sebab
masalah-masalah lain bermunculan. Oleh karena itu harus segera ditemukan solusi
pemecahan yang sesuai agar dapat meminimalisir dampak-dampak negatif di atas.
Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memperbaiki kualitas pendidikan dan
meningkatkan kesadaran orang tua agar dapat mengarahkan anak-anaknya serta
mendukung minat dan bakatnya. Melalui cara ini diharapkan pengangguran dapat
berkurang.
Contoh Teks Eksplanasi Kompleks.
Rokok
Rokok
terbuat dari tembakau yang digulung menggunakan kertas khusus. Rokok juga
mengandung nikotin dan bahan berbahaya lain. Cara menggunakan rokok hanya
dengan dibakar ujungnya lalu dihisap dari bagian pangkal. Rokok cukup diminati
karena menurut perokok aktif, terdapat sensasi tersendiri saat merokok.
Bahaya
rokok sudah banyak dijelaskan dan dikampanyekan agar orang-orang sadar untuk
berhenti merokok. Bahkan dibalik bungkus rokok tertulis akibat-akibat merokok.
Pemerintah juga sangat menghimbau untuk tidak merokok karena dapat menyebabkan
penyakit jantung, keguguran, masalah pernapasan, dan bau mulut. Selain itu
merokok bisa membuat orang menghindar terutama bagi yang tidak menyukai asap
rokok.
Efek
negatif rokok bisa jangka pendek maupun jangka panjang. Memang untuk berhenti
merokok sangatlah tidak mudah karena rokok mengandung senyawa yang membuat
ketagihan. Namun jika sudah memiliki niat yang kuat dan kesadaran tinggi,
sebaiknya para perokok aktif ini didukung atas usahanya berhenti merokok.
Contoh Teks Eksplanasi Budaya.
wayang
Indonesia
memiliki beraneka ragam kebudayaan. Salah satu produk kebudayaan yang terkenal
adalah wayang. Wayang bisa dijadikan pertunjukkan yang dibawakan oleh seorang
dalang. Wayang pun bermacam-macam tergantung daerah setempat. Wayang Jawa
dengan Bali tentu sangat berbeda. Wayang juga terkenal di wilayah Sumatra dan
sekitarnya. Pada tanggal 7 November 2003, UNESCO mengakui pertunjukkan wayang
sebagai produk kebudayaan yang berharga atau dikenal sebagai Masterpiece of
Oral and Intangible Heritage of Humanity.
Versi
wayang pun ada yang berbentuk wayang golek, wayang orang (dimainkan oleh
manusia), atau wayang boneka. Dalam sebuah pagelaran wayang Jawa biasanya
memainkan cerita Mahabharata atau Ramayana. Awal mula wayang dibuat adalah
ketika agama Hindu masuk ke Indonesia. Untuk diterima masyarakat, agama Hindu
menyesuaikan dengan kebudayaan setempat sehingga dipilihlah wayang sebagai
media untuk menjembatani agama Hindu dengan sosial masyarakat. Lalu ketika
agama Islam masuk ke Indonesia, wayang yang dibuat dari kulit sapi. Wayang ini
merupakan wujud penyesuaian agama Islam dengan masyarakat pada saat itu.
Akulturasi
dan perkembangan wayang tidak berhenti di situ. Pada tahun 1960 munculah
gerakan misionaris katholik untuk menyebarkan agama katholik di Indonesia.
Dikembangkan wayang Wahyu dimana cerita yang diangkat wayang Wahyu bersumber
dari kitab agama tersebut. Sekarang wayang menjadi hiburan masyarakat.
Terkadang orang merasa tidak lengkap jika tidak menanggap pertunjukkan wayang
dalam acaranya.
Filosofi
dalam wayang selalu bermakna kebaikan dan mengajak untuk berbuat baik. Bahkan
di setiap bagian wayang mempunyai makna tersendiri. Harapannya melalui
pertunjukkan wayang, pesan-pesan kebaikan dapat tersampaikan dan mengena
masyarakat. Kebudayaan wayang ini tentu harus dilestarikan sebagai media dan
bahan ajar dalam sekolah-sekolah terutama.
Contoh Teks Eksplanasikejadian Alam
Gerhana Matahari
Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang langka dan menarik untuk diamati. Gerhana matahari terjadi dalam kurun waktu ratusan tahun sekali. Fenomena ini terjadi ketika posisi bulan berada tepat diantara matahari dan bumi dalam satu garis lurus sehingga cahaya matahari akan tertutup oleh bulan selama beberapa detik.
Untuk dapat melihat gerhana matahari diperlukan teropong khusus atau media yang melindungi mata. Jika fenomena ini dilihat dengan mata telanjang tentu akan membahayakan keselamatan mata bahkan bisa menimbulkan kebutaan. Hal ini disebabkan karena retina mata rusak oleh radiasi tinggi dari sinar matahari. Radiasi ini tak kasat mata dengan panjang gelombang tertentu. Mata manusia tidak dapat bertahan dengan radiasi tersebut.
Banyak cara yang bisa dilakukan agar tetap dapat menikmati gerhana matahari. Selain menggunakan teropong khusus gerhana matahari, ada salah satu cara cara paling ekonomis adalah menggunakan film. Film ini akan membantu melindungi mata meskipun tidak maksimal.
Contoh Teks Eksplanasi Kerusakann Lingkungan
Kebakaran hutan
Kebakaran
hutan merupakan bencana alam yang kerap kali terjadi di Indonesia. Hutan
merupakan habitat berbagai dan tumbuhan mengalami perubahan bentuk karena
bermacam penyebab. Salah penyebab yang paling sering terjadi adalah pembakaran
besar-besaran untuk menghanguskan tumbuhan asli hutan sehingga didapatkan lahan
kosong yang siap ditanami tumbuhan tertentu untuk keperluan suatu industri.
Kebakaran hutan sering terjadi di daerah yang intensitas panas matahari sangat
tinggi.
Faktor
penyebab terjadi bencana kebakaran hutan bermacam-macam. Terdapat dua faktor
utama seperti faktor alam dan faktor manusia. Contoh faktor alami yaitu petir,
lelehan lahar dari gunung berapi, dan gesekan antar pohon saat musim kemarau
panjang. Gesekan antar ranting pohon ini dapat memicu terbentuknya api yang
dapat menjalar dan membakar hutan.
Hutan-hutan
yang berada di daerah sub-tropis sering mengalami kebakaran hutan jika
tersambar petir. Namun kasus ini jarang terjadi karena biasanya setelah petir
akan turun hujan sehingga jika terjadi api maka akan segera terpadamkan oleh
air hujan. Faktor alami lainnya yaitu lelehan lahar gunung berapi. Fenomena ini
biasanya terjadi di lereng gunung seperti merapi. Kebakaran dapat terjadi jika
lahar yang melewati hutan masih panas.
Sebagian
besar kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia disebabkan karena faktor ulah
manusia yang tidak bisa menjaga alam. Adanya unsur kesengajaan memang kerap
kali di sembunyikan oleh media Indonesia. Banyak sekali industri-industri yang
memerlukan lahan terpaksa membakar hutan. Kasus kebakaran hutan juga bisa
disebabkan karena api unggun yang tidak benar-benar mati sebelum ditinggalkan.
Kebakaran
hutan tentu menyebabkan lingkungan menjadi rusak, ekosistem hewan terancam, dan
adanya korban manusia. Tidak hanya itu, kebakaran hutan juga menimbulkan polusi
udara seperti yang terjadi di Riau beberapa waktu lalu. Hal ini tentu mengganggu
kesehatan ekosistem dan lingkungan. Oleh karena itu kita perlu menjaga dan
melestarikan hutan. Pemerintah seharusnya lebih sigap memberikan solusi agar
meminimalisir terjadinya kebakaran hutan di Indonesia.
Komentar
Posting Komentar